Kali Pertama, BNNK Tuban Gelar Audisi untuk Pemilihan Duta Narkoba 2021 - Tugujatim.id

Kali Pertama, BNNK Tuban Gelar Audisi untuk Pemilihan Duta Narkoba 2021

  • Bagikan
Proses tes uji bakat yang dimiliki peserta. (Foto: Dok Rochim/Tugu Jatim)
Proses tes uji bakat yang dimiliki peserta. (Foto: Dok Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Terbentuk sejak 2018, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban kali pertama menggelar audisi Duta Narkoba 2021. Pemilihan Duta Anti Narkoba ini adalah bagian dari program BNN dalam memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021 yang jatuh pada bulan Juni. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

“Sehingga nantinya akan muncul generasi yang siap menjadi tameng untuk menolak pengaruh narkoba, khususnya di Bumi Wali Tuban,” Kepala BNNK Tuban AKBP I Made Arjana kepada awak media Jumat (09/04/2021).

Seleksi dari awal dibuka pada 25 Maret-8 April 2021 secara online. Ada sekitar 100 pemuda milenial yang berkeinginan menjadi Duta Narkoba.

“Memang kami batasi jumlahnya karena masih di tengah pandemi Covid-19. Namun, antusias dari kaum milenial di Tuban lumayan banyak,” ungkapnya.

Salah satu peserta sedang menunjukkan bakatnya untuk menjadi Duta Narkoba 2021 di Tuban. (Foto: Dok Rochim/Tugu Jatim)
Salah satu peserta sedang menunjukkan bakatnya untuk menjadi Duta Narkoba 2021 di Tuban. (Foto: Dok Rochim/Tugu Jatim)

Dari jumlah yang mendaftar, hanya sekitar 97 orang yang bisa mengikuti tes tulis. Kemudian dari hasil tes tulis, dikerucutkan menjadi 50 orang. Semua peserta adalah mahasiswa dan pelajar SMA sederajat.

“Hari ini full bertempat di gedung Pemkab Tuban lantai 3, mulai dari tes tulis, kemudian terpilih 50 peserta. Dari jumlah itu mengerucut menjadi 20 orang yang akan berkesempatan dikarantina sebelum grand final,” ungkap mantan kepala BNNK Kabupaten Malang ini.

I Made menjelaskan, tahapan yang dilalui oleh peserta, setelah terpilih 50 akan dilakukan seleksi mulai dari pengetahuan umum, kemudian tes bakat dan pengetahuan terkait narkotika serta P4GN.

Perwira polisi kelahiran Denpasar, Bali, ini menambahkan, 20 peserta yang lolos akan mengikuti grand final yang rencananya digelar pada akhir Mei 2021 bertempat di Pendapa Kridha Manunggal Tuban.

“Insya Allah besuk grand final akan dihadiri Bapak Bupati,” kata bapak tiga anak ini.

Akan dipilih empat terbaik yang menjadi juara dalam pemilihan Duta Narkoba. Juara pertama hingga tiga dan juara favorit. Tentunya, semua berpasangan laki-laki dan perempuan.

  • Bagikan