Kasus Covid-19 Meningkat, Begini Cara Sederhana Tingkatkan Imun Anda!

  • Bagikan
Ilustrasi bebas dari virus Covid-19. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi bebas dari virus Covid-19. (Foto: Pexels)

MALANG, Tugujatim.id – Indonesia sedang darurat Covid-19. Sebab, kasus Covid-19 terus meningkat setiap harinya. Bahkan, berbagai jenis virus baru hasil mutasi dari Covid-19 juga mulai menghantui masyarakat. Hasil mutasi ini penyebarannya lebih cepat dibandingkan varian virus sebelumnya. Karena itu, masyarakat harus terus melaksanakan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, mereka harus meningkatkan imun tubuh agar tak terjangkit Covid-19.

Inilah tips sederhana dari Tugu Jatim untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda. Yuk, simak!

1. Perhatikan Apa pun yang Anda Konsumsi

Mengonsumsi makanan bergizi adalah kunci utama dalam menjaga imunitas tubuh. Apa yang Anda makan sehari-hari harus selalu dipantau gizi maupun kebersihannya. Sebab, ini berkaitan dengan kesehatan saluran pencernaan.

Berbagai sumber juga mengatakan bahwa 70% sistem imun dipengaruhi oleh kesehatan saluran pencernaan. Jika saluran pencernaan sehat, maka daya tahan tubuh juga meningkat. Karena itu, pola makan memang harus diperhatikan. Asupan gizi harus seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah.

2. Rutin Olahraga

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Anda juga bisa meningkatkan imun tubuh dengan rutin berolahraga. Setiap hari dilakukan akan lebih baik, tapi minimal 3-5 kali dalam seminggu juga sudah cukup. Sebab, kita dianjurkan untuk berkegiatan dari rumah. Sebaiknya jika Anda memilih berbagai olahraga yang bisa dilakukan sendiri di rumah, yaitu zumba, yoga, dan lain-lainnya. Tak perlu khawatir, sudah banyak video tutorial di internet yang bisa Anda ikuti. Jadi, Anda tetap bisa berolahraga dengan mudah dan aman.

3. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Vitamin D yang kita dapat dari sinar matahari mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Waktu berjemur yang tepat adalah pukul 08.00-10.00. Tidak perlu terlalu lama, cukup 15-20 menit saja. Jangan lupa untuk memakai sunscreen agar kulit tetap sehat!

4. Istirahat Cukup

Istirahat berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Tidur bisa membantu memaksimalkan metabolisme tubuh. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur minimal 6-8 jam per hari. Ketika waktu tidur Anda cukup, badan akan terasa lebih segar. Selain itu, fungsi organ tubuh akan bekerja lebih maksimal.

5. Jaga Kebersihan Tubuh dan Rumah

Faktor eksternal seperti dua hal ini juga ternyata sangat penting. Menjaga kebersihan adalah salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Tujuannya agar Anda terhindar dari berbagai virus dan bakteri berbahaya.

Setelah beraktivitas di luar rumah, jangan lupa mencuci tangan menggunakan sabun dan bilas dengan air mengalir. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebagai gantinya.

Selain kebersihan tubuh, kebersihan rumah juga harus diperhatikan. Jangan lupa untuk menyemprotkan cairan antiseptik pada benda-benda yang sering Anda sentuh, seperti handphone, laptop, tas, gagang pintu, saklar lampu, dan lain-lainnya.

 

  • Bagikan