Kasus Covid-19 Menurun, Musisi K-Pop Kini Bisa Kembali Gelar Konser

  • Bagikan
Boy group BTS. (Foto:@bts.bighitofficial/Tugu Jatim)
Boy group BTS. (Foto:@bts.bighitofficial)

KOREA SELATAN, Tugujatim.id – Kabar gembira bagi penggemar K-Pop karena sebentar lagi para boy group dan girl group kesukaan Anda bakal bisa kembali tampil di panggung. Lantaran, Pemerintah Korea Selatan resmi melonggarkan kegiatan konser musik.

Kebijakan ini diumumkan per 11 Juni 2021 oleh pejabat bidang kesehatan negara setempat. Seperti dilansir dari Reuters, keputusan pelonggaran ini diambil setelah melihat kasus positif Covid-19 harian yang menurun.

Pertunjukan konser musik K-Pop yang sebelumnya bisa dijalankan dengan kapasitas di bawah 100 penonton, kini ditambah dengan kapasitas maksimal mencapai 4.000 penonton.

Sementara izin menggelar konser, juga menyasar kegiatan olahraga dengan kapasitas 30-50 persen dari kapasitas maksimal tempat olahraga. Jumlah kapasitas ini naik sebesar 10 persen jika dibanding sebelumnya.

Dilansir dari Reuters lagi, Pemerintah Korea Selatan juga melonggarkan kewajiban bagi pendatang dari luar negeri. Mereka menyebut, mulai 1 Juli 2021 pendatang juga bisa mengajukan pengecualian karantina untuk tujuan bisnis, akademis, atau kepentingan umum.

Di lain sisi, Direktur Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Jeong Eun-kyeong mengatakan, Korea Selatan telah memberikan dosis pertama pada 11,8 juta orang atau 23 persen dari populasi negara ginseng itu.

Meski begitu, pencapaian itu masih di bawah negara maju seperti Inggris yang sudah mencapai 61 persen populasi. Namun, lebih tinggi 12 persen ketimbang Jepang.

  • Bagikan