Kaya Antioksidan, Lengkuas Bikin Subur Kaum Pria!

  • Bagikan
Lengkuas adalah tanaman yang kaya antioksidan dan vitamin C. Sangat bermanfaat bagi tubuh untuk kesehatan, di antaranya untuk menyembuhkan asma, penyakit kulit, dan demam. (Foto:Pixabay/Tugu Jatim) 
Lengkuas adalah tanaman yang kaya antioksidan dan vitamin C. Sangat bermanfaat bagi tubuh untuk kesehatan, di antaranya untuk menyembuhkan asma, penyakit kulit, dan demam. (Foto:Pixabay/Tugu Jatim) 

Tugujatim.id – Siapa yang menyangka jika lengkuas memiliki banyak manfaat untuk tubuh.  Tanaman yang memiliki nama ilmiah Alpona galangal (L.) Swartz tersebut merupakan tanaman yang kaya antioksidan.

Antioksidan itulah yang membantu melawan penyakit dan sel tubuh dari radikal bebas. Kandungan vitamin C, alpin, dan galangin dalam lengkuas dapat membantu Anda meningkatkan sistem kekebakal tubuh.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Nah, selain sebagai bumbu penyedap masakan, lengkuas punya beragam manfaat untuk kesehatan lho… Inilah beragam manfaat dari lengkuas menurut Tugu Jatim.

1. Menurunkan Demam

Di antara sejumlah khasiat lengkuas untuk kesehatan, salah satunya yakni untuk menurunkan demam. Cara pengobatannya sangat sederhana, Anda bisa mencampurkannya dengan daun nila embu untuk menambah khasiatnya. Lengkuas dan nila embu direbus, kemudian air rebusannya diminum 2-3 kali per hari.

2. Mengatasi Asma

Asma adalah penyakit yang cukup sulit disembuhkan, bahkan salah satu caranya yaitu harus melalui terapi khusus. Ketika asma kambuh, penderitanya biasanya harus minum obat untuk meredakan gejala asmanya.
Nah, daripada terus-terusan mengonsumsi obat kimia, lebih baik cobalah obat herbal dari bahan lengkuas ini. Manfaat lengkuas yang paling utama yaitu mengurangi kemunculan penyakit asma dengan cara melebarkan bronkiolus karena kandungan antiinflamasi di dalamnya.

3. Peremajaan Kulit

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam lengkuas juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan untuk menyehatkan kulit, lho! Obat herbal ini juga mengandung vitamin C yang melimpah yang berguna untuk meremajakan kulit serta menangkal radikal bebas. Paling penting, manfaat lengkuas dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti panau, gatal-gatal, hingga alergi. Tinggal oleskan lengkuas pada penyakit kulit tersebut hingga sembuh. Selamat mencoba…

4. Kesuburan Pria

Bagi pasangan yang sudah menikah, tapi memiliki masalah vitalitas, cobalah gunakan lengkuas sebagai obatnya. Sebab, manfaat lengkuas juga berguna untuk meningkatkan jumlah sperma pria.
Selain itu, lengkuas dapat membantu meningkatkan kualitas sperma sehingga lebih cepat melakukan pembuahan. Jangan lupa, obat herbal ini juga sangat aman digunakan dan tak berbahaya!

5. Mengatasi Batuk dan Sakit Tenggorokan

Punya gejala batuk yang tak sembuh-sembuh meski sudah meminum obat dari apotek? Cobalah dengan meminum ramuan lengkuas. Manfaat lengkuas juga berguna untuk menyembuhkan batuk serta sakit tenggorokan, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Yuk dicoba! Semoga manfaat.(Agus Setiawan/ln)

 

  • Bagikan