Kehilangan Motivasi Belajar Selama Pandemi? Coba Terapkan 4 Hal Ini! - Tugujatim.id

Kehilangan Motivasi Belajar Selama Pandemi? Coba Terapkan 4 Hal Ini!

  • Bagikan
ilustrasi siswa yang jenuh selama belajar di rumah (Foto: pexels.com) tugu jatim
ilustrasi siswa yang jenuh selama belajar di rumah (Foto: pexels.com)

Tugujatim.id – Dalam keadaan pandemi ini semua kegiatan hanya dapat dilakukan dari rumah, termasuk kegiatan pembelajaran. Para siswa yang harus belajar dalam keadaan ini semakin kehilangan motivasi belajarnya karena rasa jenuh dan bosan.

Perubahan suasana yang jauh dari biasanya ini membuat mereka tidak terbiasa. Pada keadaan normal, mereka akan belajar bersama-sama dalam satu ruang kelas. Namun saat ini, mereka harus belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri selama 24 jam di rumah.

Ditambah lagi, pembelajaran daring yang dinilai tidak seefektif biasanya membuat para siswa semakin kehilangan minat belajarnya. Namun, sebagai seorang siswa, kita harus tetap belajar meski di tengah keadaan seperti ini. Untuk mengembalikan motivasi belajar, yuk terapkan 4 hal di bawah ini!

1. Buat Jadwal Harian

Pertama, buat jadwal untuk hal-hal yang paling kalian prioritaskan seperti mengerjakan tugas dan belajar. Tambahkan juga kegiatan wajib kalian seperti makan, mandi, dan istirahat. Kalian juga bisa menambahakan kegiatan yang kalian inginkan seperti scrolling media sosial atau menonton film. Tetapi beri waktu secukupnya atau sesuaiakan dengan banyak sedikitnya tugasmu hari itu.

Setelah itu, buat alarm di ponsel untuk setiap kegiatan agar tidak terlewat waktu. Dengan begitu, semua hal akan berjalan dengan seimbang dan kalian dapat mengerjakan semuanya tanpa tergesa-gesa.

2. Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Sebelum belajar, siapkan alat-alat tulis dan bersihkan meja belajarmu. Lingkungan yang bersih dan rapi akan membuat pikiranmu lebih tenang. Lalu siapkan beberapa camilan seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Makanan tersebut dapat mengembalikan energimu yang terkuras karena berpikir.

Kemudian mainkan musik jika kalian tidak mudah terganggu, seperti musik klasik yang dapat meningkatkan konsentrasimu. Namun jika kalian mudah terdistraksi, jangan sentuh ponselmu dan ubah dalam mode senyap. Dengan suasana nyaman, motivasi belajar tidak akan cepat hilang dan setiap pekerjaan akan cepat terselesaikan.

3. Cari Suasana Baru

Rasa jenuh dan bosan datang karena semua hal serba monoton baik itu suasana tempat kita tinggal maupun hal-hal yang kita kerjakan. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuat suasana baru dalam ruang belajar.

Coba ubah tempat belajar dengan memindah meja belajar ke sisi lain atau membeli alat tulis baru. Mengganti tema dan wallpaper dalam laptop dan ponsel juga dapat membantu mengubah suasana belajar. Dalam beberapa hari sekali, ubah juga urutan jadwal kegiatanmu agar tidak merasa bosan.

4. Cari Motivasimu

Tidak hanya motivasi dari luar, namun motivasi dari diri sendiri juga penting. Dengan adanya kedua motivasi tersebut, kalian dapat kebih mudah termotivasi. Ingatlah tentang impianmu dan bangun rasa percaya diri bahwa kalian bisa menggapai impian tersebut.

Tanamkan juga pikiran positif seperti percaya bahwa kalian bisa melalui semua tantangan yang ada. Pemikiran-pemikiran tersebut dapat meningkatkan energi dan rasa semangat saat motivasi belajar mulai berkurang di tengah padatnya tugas. Kalian juga bisa membuat motivation board di tempat belajar agar tidak lupa dengan motivasi-motivasi tersebut.

Sekarang rasa bosan dan jenuh bukan lagi alasan untuk tidak belajar. Yuk, coba dan rasakan perbedaannya. (Muthiya Mabila/gg)

  • Bagikan