5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambut - Tugujatim.id

5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambut

  • Bagikan
Ilustrasi perempuan sedang keramas atau membilas rambut. (Foto: Pexels) tugu jatim
Ilustrasi perempuan sedang keramas atau membilas rambut. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Salah satu cara membersihkan rabut dan kulit kepala adalah dengan keramas. Cara ini bisa membuat kulit kepala kita menjadi segar dan enteng, selain itu, keramas juga bisa membuat rambut jadi bersih dan wangi.

Namun tahukan kamu, keramas ternyata memberikan dampak buruk bagi rambut. Hal tersebut bisa terjadi jika kamu melakukannya secara tidak tepat atau dengan asal-asalan yang penting terkena air. Tanpa kamu sadari beberapa kesalahan dalam ini sering kamu lakukan. Apa sajakah kesalahan tersebut? Simak penejelasan yang telah dirangkum Tugu Jatim berikut ini.

Baca Juga: Mau Belanja Aman di Online Shop? Tips-tips Ini Wajib Anda Ketahui!

1. Tidak Menyisir sebelum Keramas

Banyak orang yang mengabaikan menyisir rambut sebelum keramas. Padahal hal tersebut sangat penting, karena menyisir sebelum keramas dapat membuat residu produk yang tersisa di rambut lebih mudah untuk terangkat dan dibersihkan saat keramas. Selain itu, cara ini juga bisa mengurangi rambut kusut saat kamu sedang keramas.

2. Menggunakan Sampo yang Kurang Tepat

Gunakan shampo sesuai dengan kondisi kulit kepala dan rambut yang kamu miliki. Jangan samakan shampomu dengan orang lain, karena kondisi kulit kepada dan rambut setiap orang berbeda-beda. Jika kamu salah dalam menggunakan produk shampoo maka bisa jadi akan merusak rambutmu, seperti rambut menjadi bercabang, kering, dan tidak berkilau.

3. Menggunakan Air Panas

Mandi menggunakan air panas memang bisa menghilangkan stres dan membuat rileks, tapi tidak pada rambut. Air panas akan menghilangkan minyak rambut sehingga menjadi kering dan dehidrasi.

Pada akhirnya, rambut akan rentan terhadap kerusakan dan ujung menjadi bercabang.

Baca Juga: Mau Gaji Aman Hingga Akhir Bulan? Ikuti Langkah-Langkah Berikut ini!

4. Menggosok Rambut Terlalu Kuat

Perlu kamu tahu, jika dalam kondisi basah rambut akan sangat rapuh, sehingga jika kamu menggosok-gosok rambut dengan tenaga yang cukup kuat, cara tersebut dapat menyebabkan rambut patah dan juga rontok lho! Untuk mencegahnya, kamu cukup mengusap dan memijatnya secara perlahan.

5. Keramas Terlalu Sering

Keramas memberikan sensasi segar pada kulit kepala dan rambut juga akan terbebas dari lepek. Namun, jangan terlalu sering keramas, karena hal ini bisa menjadikan rambutmu rusak dan mudah rapuh. (Mila Arinda/gg)

  • Bagikan