Kembangkan Bakat Menulis Santri, Tugu Media Group Teken MoU dengan IAI Al Qalam Malang

Kembangkan Bakat Menulis Santri, Tugu Media Group Teken MoU dengan IAI Al Qalam Malang

  • Bagikan
CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq (dua dari kiri) foto bersama dengan Dekan Fakultas Dakwah IAI Al Qalam, Siti A’isyah (dua dari kanan), dalam penandangan kerjasama di kantor Tugu Media Group, Rabu (10/11/2021).
CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq (dua dari kiri) foto bersama dengan Dekan Fakultas Dakwah IAI Al Qalam, Siti A’isyah (dua dari kanan), dalam penandangan kerjasama di kantor Tugu Media Group, Rabu (10/11/2021). (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.idTugu Media Group (TMG) yang menaungi Tugujatim.id dan Tugumalang.id menjalin kerjasama dengan IAI Al Qalam Malang dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, Rabu (10/11/2021).

Dalam acara yang digelar di kantor Tugu Media Group (TMG) Kelurahan Lesanpuro, Kedungkandang tersebut hadir langsung Siti A’isyah SAg MA, Dekan Fakultas Dakwah IAI Al Qalam.

Dia mengatakan bahwa kerjasama dengan media untuk membangun iklim menulis para mahasiswa dan dosen semakin menggeliat di fakultas yang dipimpinnya.

“Kerjasama dengan Tugu Media ini agar para mahasiswa yang sebetulnya para santri dan dosen semakin suka menulis. Karena kan semangatnya beda ketika tulisan mereka dimuat di media,” tutur alumni CRCS UGM tersebut.

A’isyah juga menambahi bahwa di IAI Al Qalam sudah ada lembaga pers mahasiswa yang menampung bakat dan karya-karya mahasiswa. Hanya saja masih perlu bimbingan dan motivasi dari para praktisi media.

“Di kami sudah ada pers mahasiswa, tetapi mereka masih butuh pelatihan-pelatihan dari praktisi agar karya-karya mereka semakin terarahkan,” kata dia.

Irham Thoriq (kiri), CEO Tugu Media Group dan Siti A’isyah (dua dari kanan), Dekan Fakultas Dakwah IAI Al Qalam sedang menandatangani MoU.
Irham Thoriq (kiri), CEO Tugu Media Group dan Siti A’isyah (dua dari kanan), Dekan Fakultas Dakwah IAI Al Qalam sedang menandatangani MoU. (Foto: Dokumen)

Terlebih nantinya, harap A’isyah, ada perwakilan dari Tugu Media yang bisa memberikan coaching clinic penulisan secara langsung di kampusnya. Karena memang sebagian besar mahasiswa IAI Al Qalam adalah para santri.

“Sebagian besar mahasiswa kami adalah para santri, yang mana setelah mereka selesai kuliah akan langsung balik ke pesantren,” imbuh dekan yang juga alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut.

Dalam kesempatan itu, A’isyah didampingi oleh Ahmad Bukhori SSKom MM, ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Al Qalam. Dia mengatakan bahwa para mahasiswa kalangan santri tersebut butuh bimbingan dari para praktisi media.

“Kami di kampus mungkin lebih banyak teorinya, nah agar seimbang kami butuh bimbingan dari para praktisi lapangan,” ujar alumni Ponpes Annuqayah Sumenep tersebut.

Dia juga senang jika nanti karya-karya mahasiswa dan para dosen IAI Al Qalam bisa masuk atau dimuat di Tugujatim.id atau Tugumalang.id.

Sementara itu, CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq, menyambut baik kerjasama tersebut. Pasalnya, TMG memang peduli dengan literasi dengan insan-insan di kampus. Buktinya, TMG telah membuat Tugu Community sebagai komunitas yang mewadahi kreativitas dari elemen-elemen pendidikan.

“Kami sudah buat Tugu Community, untuk mewadahi kerativitas dan bakat literasi para stakeholder di sekolah dan kampus,” ujar pria asal Kalipare Malang tersebut.

Untuk itu, pihaknya sangat yakin kerjasama ini akan saling memberikan manfaat kepada masing-masing pihak. Dia juga meminta para mahasiswa IAI Al Qalam untuk bergabung dengan Tugu Community.

“Tidak apa-apa nanti mahasiswa masuk ke Tugu Community, di sana nanti kita belajar bareng-bareng. Karena akan ada pelatihan juga, seperti menulis dan fotografi,” ujar alumni psikologi UIN Maliki Malang tersebut.

Thoriq yang didampingi oleh Herlianto. A, PIC Tugu Community,  juga berharap karya-karya para dosen, santri dan mahasiswa bisa dikirim ke Tugu Media Group.

“Karya dosen dan mahasiswa boleh dikirim ke kami, nanti ada mas Herlianto. A yang akan membantu memberikan masukan atau melakukan editing,” kata dia.

  • Bagikan