Kemenag Tuban Target Juli 2022 Program Kerja dan Anggaran Terealisasi 75 Persen

Kemenag Tuban Target Juli 2022 Program Kerja dan Anggaran Terealisasi 75 Persen

  • Bagikan
Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid, memberikan sambutan membuka kegiatan Rapat Kerja Sinergitas Program Kerja Tahun 2022.
Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid, memberikan sambutan membuka kegiatan Rapat Kerja Sinergitas Program Kerja Tahun 2022. (Foto: Dokumen)

TUBAN, Tugujatim.id – Kementerian Agama Kabupaten Tuban menargetkan bulan Juli 2022 anggaran sudah bisa terealisasi atau terserap sesuai dengan program kerja yang direncanakan. Hal tersebut ditegaskan Kepala Kemenag Tuban, Sahid, dalam sambutannya saat membuka kegiatan Rapat Kerja Sinergitas Program Kerja Tahun 2022 di Seafood Pantai Kelapa, Senin (24/01/2022).

“Rencanakan kegiatan dengan baik, tidak hanya mengenai angkanya tapi juga waktunya,” kata Kepala Kemenag Tuban, Sahid.

Dia berharap jangan ada lagi November sindrome, artinya jangan melaksanakan kegiatan di akhir tahun. Daftar Isian Pelaksanaan Anggara (Dipa) segera dicermati, dikaji, ditelaah dan dilaksanakan.

“Pesan presiden pada saat penyerahan Dipa tahun 2022, Belanja Pendapatan Negara 2022 difokuskan pada kebijakan utama, yaitu melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan,” ungkap pria kelahiran Gresik ini.

Sahid menambahkan tak hanya prirotas sektor kesehatan saja. Namun juga menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat yang kurang mampu dan peningkatan SDM yang unggul, serta melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan adaptasi teknologi.

Kemudian penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah, melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero based budgeting agar belanja lebih. Pada kesempatan itu, Sahid juga memaparkan secara singkat beberapa pekerjaan di masing-masing seksi, di antaranya:

1. Pekerjaan yang menanti ditindaklanjuti dari seksi Bimas Islam yakni, uji kompetensi calon penghulu dan calon kepala KUA, revitalisasi KUA (setiap KUA idealnya harus ada PTSP, balai nikah dan ruang konsultasi), ada binwin mandiri, akan mengadakan MoU dengan Dinkes, pembinaan bergiliran serta penerbitan jadwal salat dan imsakiyah.

2. Dari Kesekretariatan ada SKP, kenaikan pangkat, pengesahan ijazah, tanda kehormatan, penyelesaian BMN.

3. Kehumasan berita selalu update, dan ini diakui oleh semua orang termasuk kanwil, termasuk pengelolaan medsos Kemenag Tuban satu-satunya kontributor di Jawa Timur untuk website dirjen Pendis.

4. Seksi Pendidikan Madrasah yakni mengadakan sosialisasi SE perdirjen Pendis 6065 tahun 2021, sosialisasi juknis BOP RA dan bos, sosialisasi hak cipta, mengadakan Porseni, PPDB dan SBSN.

5. Pontren yaitu penerbitan izin operasional ponpes, TPQ dan Madin, Monev pendirian, ujian dan perekrutan TNI bagi santri yang hafal Alquran.

6. Penyelenggaan Haji dan Umrah, mengenai pelaksanaan haji dan umrah, pelimpahan porsi dan paspor expired. Untuk seksi PAIS sudah melaksanakan zoom dengan Kabid, MoU dengan dinas pendidikan serta penguatan kepada pengawas PAIS.

7. Penyelengga Zakat Wakaf telah membuat aplikasi simakaf, pembukaan rekening untuk penampungan bantuan dan segera mengadakan penyegaran kepengurusan Badan Waqaf Indonesia .

  • Bagikan