Kemenangan Hamilton di F1 GP Inggris Tuai Kecaman dari Bos Red Bull - Tugujatim.id

Kemenangan Hamilton di F1 GP Inggris Tuai Kecaman dari Bos Red Bull

  • Bagikan
Lewis Hamilton ketika memenangkan F1 GP Inggris 2021, Minggu (18/7/2021) malam WIB. (Foto: Dokumen/Formula1.com)

INGGRIS, Tugujatim.id – Lewis Hamilton berhasil meraih kemenangan pada Formula 1 (F1) GP Inggris 2021, Minggu (18/7/2021) malam WIB. Namun, kemenangan tersebut mendapat kecaman dari Kepala tim Red Bull Racing Formula 1, Christian Horner lantaran manuver agresif Hamilton mengakibatkan pembalapnnya, Max Verstappen mengalami kecelakaan (crash) pada GP tersebut.

Untuk diketahui, Hamilton meraih kemenangan GP Formula 1 Inggris 2021, setelah pada lap pertama, dirinya sempat menyenggol Verstappen. Insiden ini terjadi di tikungan Copse yang menyebabkan Verstappen menabrak pembatas ban.

Atas kejadian ini pun Horner menjuluki Hamilton melakukan ‘dirty driving’ lantaran Hamilton menyenggol ban kanan Verstappen dengan ban kirinya setelah merangsek masuk dari jalur dalam, dan membuatnya terlempar jauh. Pengemudi asal Belanda ini pun terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit akibat kejadian tersebut.

Melansir dari situs resmi Formula 1, Lewis Hamilton diganjar hukuman penalti 10 detik akibat kejadian senggolan dengan Verstappen pada lap pertama tersebut,

Lewis Hamilton mengangkat trofi usai memenangkan F1 GP Inggris 2021, Minggu (18/7/2021) malam. (Foto:  Instagram @lewishamilton) tugu jatim
Lewis Hamilton mengangkat trofi usai memenangkan F1 GP Inggris 2021, Minggu (18/7/2021) malam. (Foto: Instagram @lewishamilton)

“Tikungan itu, Hamilton sama sekali tidak mendekati Versteppen dalam posisi sejajar. Setiap pembalap yang berada dalam tikungan ini tahu, bahwa tidak bisa mendesakkan ban dari dalam tikungan Copse. Itu adalah kecelakan besar,” ujar Horner seperti dilansir dari situs resmi Formula 1, Minggu (18/7/2021) malam WIB.

Dia juga menambahkan jikatikungan tersebut adalah milik Max Verstappen.

“Itu adalah 100 persen tikungannya Max. Sejauh pemahaman saya, kesalahan sepenuhnya berada pada Hamilton yang seharusnya tidak pernah berada pada posisi tersebut,” lanjut bos Red Bull Racing Formula 1.

Meski demikian, Hamilton mengatakan benturan dengan Verstappen bukan cara yang dia inginkan untuk menang. Tetapi ia menegaskan bahwa kejadian tersebut tidak menghilangkan kemenangan yang ia peroleh. Ia berharap bisa bersaing kembali dalam balapan-balapan lain bersama Verstappen.

“Tentu saja ini bukan cara yang saya inginkan untuk memenagkan balapan. Tetapi kejadian semacam ini memang kadang terjadi. Saya hanya berharap dia baik-baik saja dan saya akan menunggu balapan-balapan selanjutnya,” tutur Hamilton.

Kemenangan tersebut menjadikan kedudukan poin Lewis Hamilton dengan Verstappen hanya berbeda 8 angka.

  • Bagikan