Kepala Disnakeswan Malang Benarkan Pengadaan Sapi-Kambing Bernilai Rp 1 Miliar Lebih - Tugujatim.id

Kepala Disnakeswan Malang Benarkan Pengadaan Sapi-Kambing Bernilai Rp 1 Miliar Lebih

  • Bagikan
Ilustrasi pengadaan sapi di Kabupaten Malang. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi pengadaan sapi di Kabupaten Malang. (Foto: Pexels)

MALANG, Tugujatim.id – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Malang Nur Cahyo membenarkan terkait pengadaan sejumlah paket bibit sapi dan kambing etawa yang nilainya Rp 1 miliar lebih.

“Iya, memang sesuai dengan yang di-RUP (rencana umum pengadaan, red) untuk pengadaan lelang sapi dan kambing memang sesuai yang di situ. Ada 4 paket, detailnya saya gak hafal spesifikasinya,” terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (03/09/2021).

Dia juga mengungkapkan jumlah sapi yang menjadi paket-paket bibit sapi cross betina. Namun, dia tidak mengatakan untuk jumlah sapi perah dan kambing etawa.

“Yang sapi itu paket pertama ada 100 ekor sapi bakalan (peranakan/bibit) cross betina. Yang paket kedua kalau gak salah 95 ekor. Untuk sapi perah, saya lupa berapa ekor,” bebernya.

Dia mengatakan, semua lengkap ada di pengumuman, jadi bisa dilihat di sana.

“Itu sebenarnya di pengumuman ada (jumlah detailnya), saya takut keliru menyebut detailnya. Saya kalau ada perubahan-perubahan tidak paham,” sambungnya.

Dia juga mengatakan, pengadaan ini sebenarnya sudah dilaksanakan setiap tahun. Dan sapi-sapi tersebut akan dihibahkan pada kelompok peternak yang sudah dipilih.

“Setiap tahun pendanaan ini selalu ada, tapi tahun ini lebih banyak karena untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan mengakomodasi dari musrenbang. Jadi, pertimbangannya dari usulan musrenbang dan mendukung program PEN,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, pengadaan ternak ini untuk dihibahkan kepada kelompok ternak, tentunya akan dikembangkan.

“Itu akan dihibahkan kepada kelompok ternak dan dikembangkan di kelompok ternak itu,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan data https://lpse.malangkab.go.id/eproc4, ada 4 paket sapi yang dimasukkan dalam pengadaan. Di antaranya adalah pengadaan sapi bibit cross betina (paket II) dengan nilai pagu Rp 1.900.000.000 dan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) Rp 1.707.625.000. Lalu ada juga pengadaan sapi bibit cross betina (paket I) dengan nilai pagu Rp 2.000.000.000 dan nilai HPS Rp 1.797.500.000.

Untuk pengadaan sapi perah nilai pagunya Rp 2.376.000.000 dan nilai HPS-nya Rp 2.369.700.000. Sementara untuk pengadaan kambing peranakan etawa nilai pagunya Rp 1.812.559.000 dan nilai HPS Rp 1.613.080.000.

  • Bagikan