Kepala Perwakilan BI Azka Subhan Berbagi Pengalaman Jurnalistik di Event Tugu Media Group Goes To Campus

  • Bagikan
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Azka Subhan menjadi narasumber dalam kegiatan Tugu Media Group Goes To Campus. (Foto: Rza/Tugu Jatim)
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Azka Subhan menjadi narasumber dalam kegiatan Tugu Media Group Goes To Campus. (Foto: Rza/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Azka Subhan menjadi narasumber dalam kegiatan Tugu Media Group Goes To Campus yang diikuti oleh 500 mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) secara live melalui zoom meeting dan YouTube Tugu Malang pada Sabtu (27/03/2021).

Tak disangka-sangka, Azka yang setiap hari disibukkan dengan urusan perbankan, moneter, dan sistem pembayaran itu memiliki hobi menulis. Bahkan, kegemarannya dalam menulis dia lakukan sejak masih kecil.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Azka menceritakan bahwa tulisannya kali pertama diterbitkan oleh Suara Merdeka yang merupakan salah satu media terkenal di Jawa Tengah.

“Pengalaman saya pertama menulis dengan judul Knalpot Vespa yang Copot. Ini adalah karya jurnalistik pertama saya di koran Suara Merdeka dengan honor 5 ribu,” terangnya.

Selanjutnya, Azka melanjutkan kuliah di Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto dan mendirikan media kampus dengan nama Agrika. Bahkan, hingga saat ini media tersebut masih aktif dengan berbagai macam perkembangan. Selain itu, dia bersama teman di beberapa fakultas mendirikan media dengan nama Tabloit Sketsa yang sampai saat ini masih aktif.

Azka menjadi penggagas 2 media kampus yang dimulai pada 1988 dan 1989. Selama kuliah, Azka aktif dalam menulis beberapa kegiatan, termasuk menulis kegiatan para artis.

“Jadi, saya sempat menulis artis yang waktu itu masih terkenal saya kuliah dan dia SMA, namanya Agustina Mayangsari itu dapat honor,” terangnya.

Azka pun terus aktif menulis, baik di kampus maupun di luar kampus. Hingga akhirnya, Azka harus vakum menulis beberapa tahun karena tidak ada waktu luang. Namun, akhirnya dia mendapatkan kesempatan menulis kembali ketika kali pertama berkarir di Bank Indonesia.

“Saya dulu lulus kuliah daftar di bank dan daftar jadi wartawan, tapi waktu itu bank dulu yang pengumuman, akhirnya saya tidak jadi wartawan. Tapi, ketika pindah kerja dan berkarir di BI, saya mulai aktif kembali menulis hingga tulisan pidato gubernur BI saya yang menulis meskipun sudah direvisi oleh atasan, tapi draft awalnya tulisan saya,” ungkapnya.

Menurut dia, banyak sekali manfaat menulis yang selama ini telah dilakukan. Bahkan, hingga sampai saat ini, Azka aktif menulis di beberapa media Malang Raya maupun nasional.

Selama kurang lebih satu tahun, Azka telah menghasilkan 50 tulisan berupa puisi, cerpen, opini, dan esai yang diterbitkan oleh Kompasiana.

“Sampai sekarang saya senang menulis, kemampuan semakin terasah ya, meskipun dibantu dengan teman-teman, tapi pokok pikiran dari saya,” ujarnya.

Dia menyebutkan, untuk saat ini telah memiliki ruang untuk menulis, tapi tidak punya waktu. Kurang lebih 2 tahun lalu, Azka mendapatkan juara 2 nasional dalam lomba menulis dengan tema UMKM.

Azka mengimbau kepada mahasiswa untuk terus mengasah skill-nya dengan menulis karena banyak sekali manfaat yang didapat.

“Dengan menulis, dapat menghasilkan karya yang dapat dibaca banyak orang, bisa bermanfaat, dan mengasah ketajaman dalam menganalisis,” ujarnya.

Kegiatan Tugu Media Group Goes To Campus ini merupakan kerja sama dengan Paragon dan disponsori oleh Bank Indonesia. (rza/ln)

  • Bagikan