5 Fakta Burung Elang, Dapat Terbang hingga 300 Km/Jam

  • Bagikan
Ilustrasi burung elang. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Burung elang merupakan salah satu hewan yang berperan sebagai pucuk rantai makanan dan pemangsa ulung. Jumlah populasinya memang sedikit terancam, dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya dalam berburu mangsa. Sebagian negara memakai burung elang untuk simbol nasional, hal itu karena burung elang identik dengan kekuatan, ketangguhan, kecepatan dan perlindungan. Tugu Jatim berhasil merangkum fakta mengenai burung elang yang perlu diketahui.

1. Hewan berdarah panas

Hal pertama yang perlu diketahui adalah burung elang termasuk hewan berdarah panas. Hewan berdarah panas maksudnya dapat mengatur suhu tubuh stabil di angka 40 derajat celsius. Dalam situasi udara yang amat dingin, burung elang akan menjaga suhu panas tubuhnya. Sebaliknya, saat suhu lingkungan ada di kisaran panas, elang akan mengeluarkan keringat untuk membantu mendinginkan suhu tubuhnya.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

2. Punya penglihatan tajam dan kecepatan terbang tinggi

Burung elang punya penghilatan 8 kali lebih tajam dari penglihatan manusia biasa. Burung elang juga mampu melihat mangsa dari kejauhan tatkala sedang terbang tinggi sejauh 100 kaki di udara. Selain penglihatannya yang begitu tajam, burung elang juga punya kecepatan terbang yang mengerikan, mencapai 300 km per jam saat melakukan perburuan mangsa. Burung elang juga bisa melakukan migrasi antar benua memakai kecepatan terbangnya itu.

3. Berkembang biak dengan bertelur

Burung elang masuk dalam kategori hewan ovipar atau bertelur. Setelah bertelur, burung elang betina akan menjaga anak-anaknya di atas pepohonan yang tinggi, sampai anak-anak elang itu bisa terbang sendiri. Telur-telur dari burung elang mempunyai kontur yang sangat kuat untuk melindungi dari serangan predator lain.

4. Burung elang termasuk hewan yang setia

Dalam sepak terjang hidupnya, burung elang punya nilai positif yaitu monogami. Merupakan kesetiaan dan hanya berkembang biak dengan satu pasangan saja. Akan tetapi, tatkala pasangannya mati, burung elang akan mencari pasangan baru untuk menemaninya melanjutkan hidup.

5. Burung elang termasuk hewan yang mempunyai umur panjang

Burung elang termasuk hewan yang mempunyai usia yang cukup panjang, bisa sampai 70 tahunan. Semakin bertambahnya usia dari burung elang, ia bakal mengurangi jam terbang dan lebih banyak menghabiskan waktu di sarangnya. Pada usia 40 tahunan, bulu-bulu elang akan mengalami kerontokan. Lalu paruhnya akan semakin menukik ke bawah. Hal itu membuatnya sulit terbang lagi.

Itulah 5 fakta menarik mengenai burung elang yang perlu diketahui. Burung elang sendiri merupakan sosok pemakan daging segar, tidak pernah memakan daging yang sudah menjadi bangkai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan