Ketua MAPPI yang 'Ngemong' Itu Telah Berpulang - Tugujatim.id

Ketua MAPPI yang ‘Ngemong’ Itu Telah Berpulang

  • Bagikan
Muhammad Amin, Ketua Umum MAPPI 2020-2024 telah berpulang pada Minggu (12/9/2021).(Foto: Dokumen/MAPPI) tugu jatim
Muhammad Amin, Ketua Umum MAPPI 2020-2024 telah berpulang pada Minggu (12/9/2021).(Foto: Dokumen/MAPPI)

Tugujatim.id – Kabar duka menyelimuti dunia penilai (apraisal) tanah air. Pasalnya, Muhammad Amin, Ketua Umum MAPPI (Masyarakat Profesi Penilai Indonesia) 2020-2024 telah berpulang pada Minggu (12/9/2021) pagi, sekitar pukul 06.30. Kabar ini dipastikan Ketua Umum 2 MAPPI, Guntur Pramudiyanto.

Menurut Guntur, kepulangan Muhammad Amin membuat semua elemen MAPPI merasakan duka dan kehilangan yang mendalam. Apalagi, selama ini almarhum dikenal sebagai sosok yang “ngemong” pada semua anggota organisasi profesi tesebut.

“Tentu kita semua berduka, kami kehilangan seorang pemimpin. Sosok yang selalu memberi kami teladan dalam profesi kami,” terang Guntur dalam keterangan resmi yang diterima Tugu Jatim, Minggu (12/9/2021) siang.

Almarhum, lanjut Guntur, juga dikenal sebagai sosok yang luas pengetahuannya dalam bidang penilaian. Pengalamannya telah malang-melintang di profesi penilai. Orang yang selalu hangat dan teguh dalam memegang prisip. Persahabatannya dengan semua elemen MAPPI dikenal sangat baik.

“Beliau bagi kami tidak hanya sahabat, tetapi juga sebagai saudara dan sekaligus guru yang seringkali memberikan arahan-arahan yang penting bagi organisasi profesi kami,” kata dia.

Sementara itu, ucapan duka untuk almarhum telah mengalir dari kerabat, kolega hingga pejabat. Di antaranya dari Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan A. Djalil, serta dari para koleganya di MEP Fakultas Ekonomi Bisnis UGM.

Muhammad Amin, lahir di Paninjau Ogan Komerung Ulu, Sumatra Selatan pada 28 Agustus 1964. Pernah mengenyam pendidikan Teknik Sipil di Universitas Sriwijaya Palembang, lalu pendidikan strata dua bidang Property Management dan Valuation di Universiti Teknologi Malaysia.

Sebelum menjadi Ketua Umum MAPPI, almarhum pernah menjabat sebagai Ketua Komite Ujian Sertifikasi Penilai (2020), Ketua Kompartemen Penilai Pasar Modal DPP (2012), dan Ketua Kompartemen Penilai Aset DPP (2008).

  • Bagikan