Khofifah Siap Perkuat Jawa Timur sebagai Smart Province - Tugujatim.id

Khofifah Siap Perkuat Jawa Timur sebagai Smart Province

  • Bagikan
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawasan saat memberikan sambutan di Seminar Nasional memperingati HUT ke-76 Provinsi Jawa Timur dengan tema “Mempercepat Transformasi Digital Smart Province Menuju Jatim Bangkit 2021” di Aula Universitas Islam Malang Malang (Unisma), Senin (18/10/2021). (Foto: Dokumen) tugu jatim
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawasan saat memberikan sambutan di Seminar Nasional memperingati HUT ke-76 Provinsi Jawa Timur dengan tema “Mempercepat Transformasi Digital Smart Province Menuju Jatim Bangkit 2021” di Aula Universitas Islam Malang Malang (Unisma), Senin (18/10/2021). (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa siap mendukung penguatan transformasi digital serta kebutuhan efisiensi dan inovasi pemerintahan untuk permudah pelayanan publik melalui Smart Province

Hal ini dikatakan Khofifah saat memberikan sambutan di Seminar Nasional memperingati HUT ke-76 Provinsi Jawa Timur dengan tema “Mempercepat Transformasi Digital Smart Province Menuju Jatim Bangkit 2021” di Aula Universitas Islam Malang Malang (Unisma), Senin (18/10/2021).

Sebagai informasi, acara ini dilaksanakan di gedung bundar Unisma dengan system hybrid. Sebagai pembuka wacana adalah Rektor Unisma Prof Maskuri yang siap berkolaborasi dengan Provinsi untuk program strategis ini. Unisma mengundang Staf Ahli Menkominfo Prof Henry Subiyakto, Ketua Dewan Pers Prof Muh Nuh dan Kepala BPS Jatim Dadang Hendriwan.

Fokus bahasan tentang implementasi era 4.0 di bidang pelayanan publik dan pemerintahan pada umumnya.

Rektor Unisma Prof Maskuri. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Rektor Unisma Prof Maskuri. (Foto: Dokumen)

Acara yg diikuti oleh Dinas Kominfo, pimpinan perguruan tinggi di Malang Raya, Dosen Pascasarjana Unisma, Kepala BPS Malang Raya dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Acara berlansung semarak dengan didahului launching Jurnal dan Website Pusat Studi Jawa Timur.

Khofifah mengajak Kementrian Kominfo dan kalangan Perguruan Tinggi untuk melakukan sinergitas nyata dalam menguatkan program Satu Data Indonesia yang diharapkan oleh Presiden RI. Ketua Muslimat NU ini berharap agar proses digitalisasi yang aplikatif dan berkelanjutan terjadi bersama di Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Kota di Jatim.

Sementara itu, Mohammad Nuh, mantan Mendiknas dan Menkominfo meyakikan audience bahwa digital intellegent adalah kunci mempercepat realisasi program strategis pemerintah termasuk pengirangan angka kemiskinan.

Henry Subijakto menekankan bahwa Indonesia sedang berproses dan kuncinya adalah kolaborasi Pentahelix untuk melakukan modernisasi pelayanan publik. Sedangkan Dadang Herdiwan memaparkan capaian provinsi Jawa Timur di bidang pertanian,

Direktur Pascasarjana Unisma M. Mas’ud Said mengatakan bahwa pada tantangan jaman yg serba cepat, simpel dan terintegrasi ini pemerintah harus merubah diri dengan menguatkan digital transformation yang dibawa ke dalam mesin pemerintahan. Oleh sebab itu Pascasarjana menggagas Pusat Studi Jawa Timur yang bertugas untuk menguatkan secara akademik maupun praksis dalam menguatkan proses tersbut. (*)

  • Bagikan