Khofifah Ucapkan Selamat pada Kapolri Baru, Komjen Listyo Sigit

  • Bagikan
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan selamat kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri yang baru. (Foto: Rangga Aji/Tugu Jatim)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan selamat kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri yang baru. (Foto: Rangga Aji/Tugu Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat kepada Komisari Jenderal (Komjen) Polisi Listyo Sigit Prabowo yang sudah resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Istana Negara, Rabu (27/01/2021). Khofifah mengatakan harapannya agar Listyo mampu membawa Polri menjadi institusi yang presisi.

“Selamat bertugas, Jenderal. Semoga Kapolri dapat segera mewujudkan konsepsi Polri yang presisi atau prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Tentunya tanpa meninggalkan citra Polri yang humanis, mengayomi, dan melayani,” tutur Khofifah di ruang kerjanya di Surabaya.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Presisi merupakan salah satu konsep yang diusung Kapolri Listyo yang dapat menjadi harapan baru bagi seluruh masyarakat Indonesia pada Korps Bhayangkara sendiri. Polri diharapkan dapat semakin modern dan memiliki berbagai inovasi segar untuk menghadapi tantangan zaman yang begitu kompleks.

“Varian kriminalitas kini semakin banyak tidak hanya kejahatan jalanan. Terlebih di era disrupsi seperti sekarang ini di mana kejahatan bergerak secara virtual tanpa mengenal waktu dan tempat,” imbuh Khofifah.

Di sisi lain, dalam pelantikan yang dijalankan Presiden Joko Widodo terhadap Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, bertempat di Istana Negara menggantikan Jend Pol Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun. Listyo menjadi Kapolri ke-25 yang sebelumnya pernah menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri sejak Desember 2019.

“Ditambah, situasi Pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih berlangsung. Saya yakin, Kapolri yang baru mampu mengatasi persoalan-persoalan tersebut, dan meneruskan prestasi-prestasi Kepolisian yang sudah berjalan selama ini,” pungkas Khofifah.

Sebagai informasi, dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 ada tiga pilar yang bergerak di pemerintahan sebagai garda depan, yaitu Polisi, TNI dan Pemerintahan Provinsi atau Kota/Kabupaten. Sehingga, dengan bergantinya Kapolri, dapat menguatkan kembali peran polisi dalam upaya pengentasan pandemi COVID-19. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan