Klub Sepak Bola Eropa Mengheningkan Cipta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

tragedi kanjuruhan tugu jatim
Mengheningkan cipta di Laliga Spanyol untuk korban tragedi Kanjuruhan. Foto: tangkapan layar YouTube BeinSpots

Tugujatim.id – Sejumlah klub Liga Inggris seperti Manchester United, Manchester City, Arsenal, dan Liverpool hingga klub Laliga Spanyol seperti Barcelona dan Eredivisi Belanda menyampaikan ucapan belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan, di Kabupaten Malang, pada Sabtu (1/10/2022) malam.

Sebagai bentuk simpati, Laliga Spanyol, Liga Inggris, serta Eredivisie Belanda mengheningkan cipta selama satu menit sebelum laga dimulai demi memberi penghormatan kepada korban tragedi Kanjuruhan.

“Laliga dan RFEF telah menyepakati untuk mengheningkan cipta selama satu menit untuk menunjukkan belasungkawa kepada masyarakat Indonesia, terutama kerabat mereka yang meninggal dalam tragedi Stadion Kanjuruhan, di Pulau Jawa, serta mendoakan agar mereka yang terluka cepat sembuh” tulis Laliga, dalam akun resminya.

tragedi kanjuruhan tugu jatim
Mengheningkan cipta di Laliga Spanyol untuk korban tragedi Kanjuruhan. Foto: tangkapan layar YouTube BeinSpots

Mengheningkan cipta akan dilakukan di semua pertandingan yang masih akan dimainkan pada matchday 7 LaLiga dan matchday 8 LaLiga.

“Sebelum dimulainya semua pertandingan yang dimainkan hari ini di @eredivisie dan @vrouwen_eredivisie, mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati semua korban yang jatuh dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan. Kami bersimpati dengan Indonesia,” tulis akun KNVB, federasi sepak bola Belanda, via Instagram @officialknvb.

Simpati yang dilakukan kompetisi liga elite Eropa ini menunjukkan bahwa kemanusian lebih utama dibandingkan sepak bola, karena itu mereka reka menyisikan waktunya untuk mengheningkan cipta untuk korban tragedi Kanjuruhan.