KPK Boyong 5 Koper usai Geledah Balai Kota Among Tani, Kota Batu

  • Bagikan
KPK datangi Balai Kota Among Tani, Kota Batu. (Foto: Rza/Tugu Malang/Tugu Jatim)
KPK datangi Balai Kota Among Tani, Kota Batu. (Foto: Rza/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Rabu (6/1/2021) pagi pukul 10.00 WIB. Dari proses pemeriksaan tersebut, petugas lembaga anti rasuah tampak membawa lima koper besar.

Untuk diketahui, KPK menggeledah 3 OPD, yakni Dinas Pendidikan Kota Batu, Dinas Pariwisata Kota Batu, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu. Ketiga OPD tersebut berada di Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Dari lima koper tersebut, dua di antaranya berwarna hitam dan hijau yang didapati usai memeriksa Dinas Pendidikan Kota Batu dan Dinas Pariwisata Kota Batu.

Para petugas KPK tampak membawa koper usai periksa 3 OPD Kota Batu. (Foto: Fen/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Para petugas KPK tampak membawa koper usai periksa 3 OPD Kota Batu. (Foto: Fen/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Baca Juga: KPK Geledah Balai Kota Among Tani, 2 OPD di Batu Diperiksa

Sementara tiga koper lainnya, berwarna hitam dua buah dan satu buah berwarna merah diperoleh usai memeriksa Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu.

Berdasarkan pantauan Tugu Malang ID partner Tugu Jatim pemeriksaan diperkirakan berlangsung selama 6,5 jam. Tepatnya, sejak pukul 10.00 WIB hingga 16.30 WIB di dua ruangan terpisah.

Terpantau, beberapa anggota dinas yang diperiksa antara lain Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih dan mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Mistin. Pun, keduanya sama-sama enggan berkomentar.

“Saya no comment,” ujar Eny Rachyuningsih.

Usai pemeriksaan, tim antirasuah itu bergegas menggeret koper tanpa mengeluarkan sepatah katah. Dengan mengenakan masker, mereka langsung berjalan menuju mobil rombongan yang total, berjumlah 6 kendaraan. Kemudian memasukkan koper ke dalam bagasi dan bergegas pergi meninggalkan halaman Balai Kota Among Tani.

Baca Juga: KPK Geledah Balai Kota Batu Terkait Kasus Gratifikasi

Diketahui sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) KPK Ali Fikri membenarkan adanya penggeledahan KPK di Balai Kota Among Tani Kota Batu tersebut.

“Benar, hari ini ada kegiatan penggeledahan oleh KPK di kantor Dinas PUPR, Kantor Dinas Pendidikan dan Kantor Dinas Pariwisata Kota Batu,” katanya.

Pemeriksaan tersebut, terkait dengan kegiatan penyidikan dugaan korupsi perkara gratifikasi di Pemkot Batu tahun 2011-2017.

“Sebelumnya pada Selasa (5/1/2021) bertempat di Kantor Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Kota Batu juga telah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi atas nama Moh. Zaini (swasta/ pemilik PT Gunadharma Anugerah) dan Kristiawan (mantan pengurus rumah tangga Wali Kota Batu Edy Rumpoko),” ujarnya. (fen/gg)

  • Bagikan