Kriuknya Kuliner Ikan Wader Goreng Khas Wisata Bendungan Gerak Waruturi Kediri, Cukup Rogoh Kocek Rp15 Ribu! - Tugujatim.id

Kriuknya Kuliner Ikan Wader Goreng Khas Wisata Bendungan Gerak Waruturi Kediri, Cukup Rogoh Kocek Rp15 Ribu!

  • Bagikan
Wisata Bendungan Gerak Waruturi. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)
Menu ikan wader goreng khas wisata Wisata Bendungan Gerak Waruturi di Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

KEDIRI, Tugujatim.id – “Kriuk kriuk, kressssss.” Hmmm, enak dan maknyusnya menikmati ikan wader goreng sambil refreshing di Wisata Bendungan Gerak Waruturi di Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Selain menikmati deburan air yang keluar dari pintu air bendungan, para pengunjung juga bisa menikmati sajian kuliner ikan segar dari Sungai Brantas lho.

Pengunjung Wisata Bendungan Gerak Waruturi bisa menikmati menu ikan wader goreng tepung dengan tambahan sambal tomat yang pedas disertai lalapan. Selain itu, mereka juga bisa menyantap berbagai macam pilihan jenis ikan air tawar langsung dari sungai yang membelah Kediri tersebut.

“Pengunjung bisa menikmati beragam masakan yang disajikan seperti ikan lele, ikan nila, ikan patin, udang, ikan kutuk, ikan jendil, ikan rengkik, ikan gurami, dan telur ikan. Semua langsung dari Sungai Brantas,” kata Nur Azizah, 40, pedagang di Wisata Bendungan Waruturi.

Wisata Bendungan Gerak Waruturi. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)
Nur Azizah, pedagang di Wisata Bendungan Waruturi, saat menyajikan kuliner ikan wader goreng. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

Tak hanya sajian kuliner yang bisa dinikmati, warga lokal banyak yang mencari ikan di tepi sungai. Jadi, pengunjung bisa langsung membeli ikan segar yang ditangkap warga. Bahkan, bagi Anda yang hobi mancing dapat juga merasakan sensasinya.

Azizah mengatakan, harga menu di sini tak menguras kantong. Contohnya ikan wader goreng lalapan dalam satu porsi hanya Rp15 ribu.

“Kalau menu ikan rengkik memang harganya agak mahal. Sekarang seporsi Rp20 ribu. Sementara menu ikan kutuk, patin, dan lain-lainnya seporsi juga sama Rp15 ribu,” jelasnya.

Perempuan berambut panjang lurus itu mengaku warungnya bisa kedatangan sekitar 20-50 pengunjung dalam sehari. Belum lagi kalau hari libur dan tanggal merah bisa sampai dua kali lipat.

“Paling ramai itu saat tanggal merah, Sabtu dan Minggu,” jelasnya.

Sementara itu, Humas Wisata Bendungan Gerak Waruturi Agus Rahmad Hidayat menjelaskan, ada sekitar 50 pedagang yang mayoritas berasal dari warga sekitar waduk. Kebanyakan semua pedagang itu menjajakan aneka masakan iwak kali.

“Ada juga wahana wisata seperti kolam air, waterboom, perahu motor, sepeda air, kolam pancing dan kolam renang, driving range, taman bermain anak-anak, dan taman air yang indah dan asri. Untuk tiket masuk wisata tarif yang dikenakan, yaitu Senin-Sabtu Rp6.000 per orang, sedangkan untuk hari libur Rp10.000 per orang,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan