Kucing Bisa Galau Juga jika Ditinggal Pemiliknya…?

  • Bagikan
Ilustrasi kucing, hewan lucu yang bakal gelisah ketika ditinggal pemiliknya. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi kucing, hewan lucu yang bakal gelisah ketika ditinggal pemiliknya. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Kucing merupakan salah satu hewan yang sering kita temui di lingkungan sekitar. Warna bulu mereka pun bermacam-macam, ada yang oranye, putih, cokelat, abu-abu, maupun hitam. Bahkan, ada juga yang memiliki perpaduan warna-warna tersebut.

Kucing juga ternyata memiliki fakta-fakta menarik di balik kelucuannya lho. Tugu Jatim pun sudah merangkum 5 fakta mengenai kucing yang barangkali belum Anda ketahui sebelumnya.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Mengernyitkan Mata Kita Bisa Bikin Kucing Cepat Mengenal Kita

Para ilmuwan menemukan cara tercepat dalam membangun hubungan dengan kucing. Yaitu, dengan cara mengernyitkan mata kita kepada kucing yang sedang memandang kita. Dalam studi Universitas Portsmouth dan Sussex, itu merupakan teknik untuk meniru senyuman kucing disebut dengan “kedipan lambat” yang membantu membentuk ikatan antara manusia dan kucing.

2. Kucing Peliharaan Gelisah dengan Perpisahan

Lebih dari satu di antara 10 kucing peliharaan yang disurvei dalam penelitian memperlihatkan perubahan perilaku saat terpisah sementara dari pemiliknya. Kucing merasa gelisah saat ditinggal pemiliknya, terutama saat di rumah yang tak ada perempuannya. Selain itu, jika tak ada hewan peliharaan lain maupun mainan, kucing juga bisa cemas lho… Galau ya cing, kucing, seperti manusia saja galau, hehehe…

3. Kucing Bisa Merasakan Tanda Datangnya Hujan dan Badai

Ternyata kucing dapat merasakan dan lebih sensitif dari manusia. Salah satunya mereka bisa merasakan akan datangnya hujan maupun badai. Kucing juga lebih sensitif terhadap suara, bau, dan perubahan tekanan atmosfer. Karena itu, indra mereka meningkat dan bisa menunjukkan akan adanya hujan maupun badai. Wow…amazing!

4. Kumis Kucing Bisa Membantu Jadi Pembunuh Andal

Ternyata ada ciri khas “kumis vibrissae” yang dimiliki oleh kucing, komposisinya terdiri dari 24 atau lebih bulu yang bisa bergerak, disertai dengan kumis lainnya yang kurang terlihat di atas mata kucing. Selain itu, kumisnya juga ada di dagu dan bagian belakang cakar depan (kumis karpal). Kumis tebal ini terhubung dengan saraf yang mengakar dalam sehingga membantu kucing berburu bahkan di kondisi gelap gulita.

5. Kucing Ternyata Tidak Makan Sayur dan Buah

Gaes, kalau melihat kehidupan kucing di alam liar, mereka sepenuhnya hewan karnivora atau pemakan daging. Karena di dalam daging terkandung asam amino, seperti taurin yang tidak dapat diciptakan secara sintetis atau disimpan. Kucing memang tidak memakan sayur dan buah, tapi ada makanan vegan sintetis yang bisa ditambahkan dalam taurin agar mudah diserap oleh metabolisme tubuh kucing.

Nah, itulah 5 fakta menarik mengenai kucing. Karena sebagian besar dari kita tidak tahu kalau kucing ternyata bisa merasakan kegelisahan saat ditinggal oleh pemiliknya. Kucing juga bisa merasakan bila akan ada badai atau hujan yang datang. So, siapa yang kucingnya di rumah mengalami apa yang sudah Tugu Jatim rangkum ini? (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan