Sukses Besar, Lagu Debut Solo Rosé BLACKPINK jadi Pemuncak Tangga Lagu Billboard

  • Bagikan
Rosé, personel BLACKPINK yang baru saja merilis album solo berjudul "R". (Foto: Youtube/BLACKPINK)
Rosé, personel BLACKPINK yang baru saja merilis album solo berjudul "R". (Foto: Youtube/BLACKPINK)

KOREA SELATAN, Tugujatim.id – Rosé BLACKPINK berhasil menduduki urutan pertama dalam tangga lagu Global 200 dan Global Excl. U.S. dengan lagu On The Ground.

Seperti yang diumumkan oleh Billboard, title track dari single album “R” milik Rosé, On The Ground, menduduki peringkat pertama Billboard Global 200 dengan 92.1 juta streaming.

Hal ini adalah jumlah streaming global teratas pada minggu ini. Sementara penjualan digital di seluruh dunia mencapai 29.000 selama periode tracking 12-18 Maret.

Lagu kedua dari single album “R”, Gone, juga menempati posisi No. 29 dalam tangga lagu Billboard Global 200 dengan 19.6 juta streaming dan 25.000 digital terjual di seluruh dunia.

Sementara untuk tangga lagu Billboard Global Exclude US, On The Ground, mengumpulkan 85.7 juta streaming dan penjualan digital sebesar 22.000 di wilayah di luar Amerika Serikat untuk pekan tracking yang sama, 12 hingga 18 Maret. Dalam tangga lagu ini, lagu Gone berada pada urutan No. 17 dengan 17.4 juta streaming dan 19.000 digital terjual di luar Amerika Serikat.

Prestasi yang diperoleh Rosé ini menjadikan dia sebagai penyanyi pertama yang menyabet No. 1 dalam tangga lagu Billboard Global sebagai solois dan grup.

Sebelumnya, pada 17 Oktober tahun lalu, BLACKPINK pernah memuncaki Global Excl. U.S. dengan lagu Lovesick Girls.

Perlu diketahui, dua tangga lagu global Billboard, Global 200 dan Global Excl. U.S. memberi peringkat lagu berdasarkan data streaming dan penjualan yang diambil dari lebih dari 200 wilayah di seluruh dunia. Billboard Global 200 mengumpulkan data dari seluruh dunia, sementara Billboard Global Excl. U.S. mengambil data dari semua wilayah di luar Amerika Serikat.

Melansir dari Soompi, lagu On The Ground juga menduduki urutan No. 70 dalam tangga lagu Billboard Hot 100. Ini merupakan peringkat tertinggi untuk solois K-pop wanita.

Dengan debut solonya, penyanyi bernama asli Roseanne Park ini juga telah mencatat banyak rekor sebelumnya, seperti meraih penjualan album tertinggi untuk solois K-pop perempuan di minggu pertama perilisannya.

Musik video oleh solois K-pop dengan jumlah views paling banyak dalam 24 jam di YouTube yang memecahkan rekor Gangnam Style – PSY, jumlah streaming terbanyak dalam 24 jam oleh solois K-pop di Spotify, dan masih banyak yang lainnya. Selamat atas suksesnya debut solo Rosé! (Retno Dwi/gg)

  • Bagikan