Lebaran Sudah Selesai, Ini Makanan Khas Kediri yang Cocok Buat Oleh-oleh

Lebaran Sudah Selesai, Ini Makanan Khas Kediri yang Cocok Buat Oleh-oleh

  • Bagikan
Ilustrasi getuk pisang.
Ilustrasi getuk pisang. (Foto: Instagram @getuk-pisang-bariklana)

KEDIRI, Tugujatim.id – Lebaran sudah selesai, meskipun rasa kangen dengan orang keluarga belum tuntas terobati namun waktu libur sudah habis. Mau tak mau harus kembali ke rutinitas seperti biasa yaitu bekerja. Bagi yang merantau di kota waktu mudik di kampung sudah selesai, saatnya kembali ke kota lagi.

Kembali ke kota untuk manjalani rutinitas tentu ada yang kurang pas kalau tidak bawa oleh-oleh khas kampung halaman. Selain untuk mengobati kangen sementara, juga biasanya dibagikan untuk teman kerja sembari memperkenalkan makanan khas di daerahnya.

Bagi Anda warga Kediri yang mau kembali ke kota, ada rekomendasi oleh-oleh khas Kediri yang wajib dibawa.

1. Sambel Pecel

Sambel pecel menjadi salah satu makanan lokal Kediri yang sering dijadikan oleh-oleh saat mudik. Biasanya, sambel pecel digunakan untuk gado-gado, nasi pecel, karedok, dan masih banyak lagi. Selain itu, sambel pecel yang enak juga bisa jadi stok di rumah untuk pelengkap makanan sehari-hari.

Bumbu pecel bisa dibuat manual dengan diulek maupun diblender agar lebih praktis. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemukan di pasaran. Bahkan, sudah banyak yang menjual sambel pecel instan. Cara mengolah bumbu pecel instan mudah, cukup disedu dengan air panas.

2. Tahu Takwa

Kediri memang disebut Kota Tahu, maka tak heran tahu menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa saat balik dari Kediri.  Tahu itu disebut Tahu Takwa. Tahu ini memang berbeda dengan tahu pada umumnya. Selain warnanya kuning, memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan tahu biasa. Meski tahu ini memiliki tekstur yang garing di luar namun di dalam tetap lembut.

3. Getuk Pisang

Getuk Pisang adalah salah satu kuliner asal Kediri yang namanya sudah cukup dikenal. Jika umumnya getuk terbuat dari singkong, getuk ini bahan bakunya dari pisang. Alhasil cita rasanya lebih manis dan legit. Getuk pisang khas Kediri ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang hingga sepintas seperti lontong.

Daya simpan getuk pisang juga cukup lama sehingga membuatnya sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh saat singgah di Kediri. Itu lah makanan khas Kediri yang wajib dibawah sebagai oleh-oleh saat kembali ke kota.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan