Longsor di Kota Malang, DPRD Kritik Pengembang yang Bangun Rumah di Bibir Sungai

  • Bagikan
Longsor yang terjadi di Bunulrejo, Kota Malang. (Foto: Pemkot Malang)
Longsor yang terjadi di Bunulrejo, Kota Malang. (Foto: Pemkot Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Peristiwa tanah plengsengan perumahan yang longsor di Kelurahan Bunulrejo, Kota Malang mendapat simpati banyak pihak. Tak terkecuali dari perwakilan legislatif, Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang, Rokhmad dan Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Asmualik.

Kunjungan dilakukan Rokhmad yang juga menjabat sekretaris Komisi D ini pada Selasa (19/1/2021). Dalam kunjungan itu, menyampaikan rasa duka mendalam atas kejadian yang sampai memakan korban seorang penghuninya belum dapat diketemukan hingga kini.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

”Semoga dapat ditemukan dalam keadaan selamat sesegera mungkin. Sampai saat ini juga masih belum ditemukan,” ungkap dia di lokasi bencana.

Atas kejadian ini, dirinya selaku wakil rakyat sangat menyayangkan jika ada perumahan dipaksa dibangun di pinggiran sungai. Selain melanggar aturan, potensi bahaya longsor juga cukup tinggi.

”Agar dicek izin pembangunan agar tidak ada lagi pembangunan yang menyalahi aturan sehingga berakibat adanya kerugian materil atau korban jiwa.

Lebih lanjut, dirinya juga ikut merekomendasikan kepada warga di lokasi terdampak untuk tetap bertahan di rumah pengungsian. Sebagai antisipasi kewaspadaan bila terjadi longsor susulan. Soal logistik, kata dia jangan khawatir.

”Akan saya bantu dorong mengupayakan ke Dinas Sosial agar ada perhatian khusus dan bantuan untuk korban longsor ini.

Ia mengimbau agar kewaspadaan di tengah cuaca ekstrem ini juga dilakukan semua warga Kota Malang yang lain. Apalagi, jika lingkungan rumahnya berada di lokasi berbahaya.

”Mari semua terus waspada karena musim hujan di tahun ini curah hujan tinggi yang membuat sejumlah titik di Kota Malang terendam banjir. Semoga ada solusi dari Pemkot Malang agar tidak kejadian lagi,” harapnya. (azm/gg)

  • Bagikan