Mau Mahir Bahasa Asing via Smartphone? Yuk, Coba 4 Aplikasi Ini! - Tugujatim.id

Mau Mahir Bahasa Asing via Smartphone? Yuk, Coba 4 Aplikasi Ini!

  • Bagikan
Ilustrasi aplikasi di smartphone yang cocok untuk belajar bahasa asing. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Ilustrasi aplikasi di smartphone yang cocok untuk belajar bahasa asing. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Era pandemi Covid-19 tak jarang membuat seseorang lebih banyak memiliki waktu luang di rumah. Nah, untuk mengisi waktu luang tersebut, tak ada salahnya jika melakukan kegiatan #DiRumahAja dengan cara belajar bahasa asing lewat aplikasi via smartphone.

Sembari mengisi dengan kegiatan positif, belajar bahasa asing di era digital sekarang ini juga begitu mudah, lho! Sebab, hanya dari genggaman melalui smartphone seperti Android atau iOS, kamu sudah bisa belajar banyak.

Nah, lalu apa saja aplikasi terbaik untuk belajar bahasa tersebut? Berikut Tugu Jatim sudah merangkum 4 rekomendasi aplikasi terbaik tersebut.

1. Memrise, Terbaik Tahun 2017

Memrise merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu kamu belajar bahasa. Telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna, ternyata aplikasi ini mendapat penghargaan sebagai aplikasi terbaik pada tahun 2017 lalu.

Pada aplikasi ini setidaknya ada 18 pilihan bahasa yang bisa kamu pilih untuk dipelajari, kamu juga bisa menentukan kira-kira di level manakah bahasa yang ingin kamu pelajari tadi, yaitu beginner atau intermediate.

Setelah berhasil membuat akun, selanjutnya kamu bisa mengaktifkan fitur reminders sebagai pengingat agar kamu tidak lupa untuk belajar bahasa setiap harinya. Selanjutnya kamu dapat langsung mempelajari bahasa yang kamu pilih, pertama-tama memrise akan mencontohkan cara membaca setiap penulisan kosakata.

Lalu kamu akan diminta untuk mereview kosakata yang sudah dipelajari sebelumnya, jika benar maka kamu akan mendapatkan poin sebagai tolak ukur sejauh mana kamu dapat menguasainya. Memrise juga menawarkan metode pembelajaran secara berulang-ulang, sehingga dapat membantu kamu untuk mengingt materi dengan mudah.

2. Babble, 14 Bahasa dalam Genggaman

Aplikasi Babbel memiliki 14 pilihan bahasa yang bisa kamu pelajari. Telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna, membuktikan bahwa aplikasi ini termasuk kedalam salah satu aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk mempelajari bahasa.

Pada tahap awal kamu akan diminta untuk menentukan sejauh mana kamu menguasai aing yang ingin kamu pelajari, setelahnya kamu bisa menentukan berapa lama kamu akan mempelajarinya dalam satu hari. Uniknya, setiap kosakata yang kamu pelajari dilengkapi dengan gambar sehingga kamu tidak akan bosan untuk belajar bahasa asing setiap harinya.

3. Duolingo

Aplikasi yang tak kalah menarik berikutnya adalah Duolingo, termasuk kedalam salah satu aplikasi yang paling sering digunakan dengan total pengunduhan lebih dari 100 juta pengguna. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, duolingo memiliki fitur berupa tips untuk setiap kosakata yang sedang kita pelajari.

Tentunya dilengkapi dengan fitur suara serta terdapat animasi yang tidak akan membuat kamu bosan dalam belajar bahasa  setiap harinya. Pada dualingo terdapat 20 pilihan bahasa yang bisa kamu pelajari, dengan pilihan bahasa yang lebih banyak dibandingkan aplikasi lain ini membuat duolingo menarik banyak perhatian pengguna dan mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi terbaik pada tahun 2013.

4. Rosetta Stone

Termasuk kedalam salah satu aplikasi untuk belajar bahasa dengan banyak pilihan yaitu sebanyak 22 bahasa, aplikasi ini juga telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta pengguna. Pada aplikasi ini terdapat beberapa unit materi yang dapat kamu pelajari yaitu basics, greetings and introduction, word and school, serta shopping.

Aplikasi ini menyajikan tema-tema unik dari setiap pilihan unitnya sehingga dapat menarik perhatian pengguna untuk menggunakan aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi belajar bahasa lainnya. Dilengkapi pula dengan gambar untuk setiap kosakatanya sehingga kamu tidak akan bosan dalam mempelajari bahasa.

Nah itu dia 4 rekomendasi aplikasi belajar bahasa untuk kamu yang ingin mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat. Di era pandemi ini kita harus memanfaatkan teknologi yang ada semaksimal mungkin, kini belajar bahasa asing tidak harus keluar rumah dan tidak harus mengeluarkan banyak uang. Cukup dengan memanfaatkan gadget dan koneksi internet yang ada dapat membuat waktu luang kamu lebih bermanfaat. Selamat mencoba! (Ifa Nadhifah/gg)

  • Bagikan