Main Gadget Bikin Anda Susah Tidur? Ini 5 Tips Cara Mengatasinya! - Tugujatim.id

Main Gadget Bikin Anda Susah Tidur? Ini 5 Tips Cara Mengatasinya!

  • Bagikan
Susah tidur. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi orang yang mengalami susah tidur. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Anda pernah mengalami susah tidur meski sudah melakukan berbagai cara? Gangguan tidur memang mengganggu kualitas Anda dalam beristirahat. Tapi, ada 5 tips bagaimana Anda bisa dengan mudah tidur tanpa mengalami masalah. Simak ya!

1. Makanan dan Minuman

Jika ingin tertidur dengan cepat, melansir dari mayoclinic, hal pertama yang harus diingat adalah menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebab, ada beberapa kandungan makanan yang tidak baik dikonsumsi di malam hari. Di antaranya, minuman mengandung kafein, makanan pedas, dan minuman beralkohol.

Selain itu, jangan tidur dalam keadan perut lapar maupun kekenyangan. Banyak penelitian yang setuju bahwa makan dengan perut kenyang dapat membuat kegemukan karena tubuh sudah tidak melakukan aktivitas fisik di malam hari.

2. Aktivitas Fisik

Aktivitas mengolah tubuh adalah salah satu bentuk dari menjaga agar badan tetap sehat. Mulai dari aktivitas ringan hingga berat. Karena itu, melakukan aktivitas yang membuat berkeringat di siang hari akan membantu Anda lebih mudah tidur. Sebab, itu merupakan salah satu bagian dari olahraga.

Hal tersebut telah didukung oleh pendapat dari Charle Gamalando sebagai direktur medis yang mengatakan bahwa dengan olahraga bisa mempermudah tidur di malam hari.

“Kami memiliki bukti kuat bahwa olahraga pada kenyataannya membantu Anda tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur,” ujarnya.

3. Tetapkan Jadwal Tidur

Penentapan jadwal tidur merupakan salah satu disiplin diri. Waktu tidur ideal sendiri berkisar di angka 7-8 jam sehari. Jika Anda ingin melakukan tidur siang, baiknya hal ini jangan dilakukan lebih dari satu jam karena dapat mengakibatkan susah tidur di malam hari.

4. Bikin Kondisi Nyaman

Ruang tidur yang nyaman membantu Anda memperoleh kualitas tidur yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur. Salah satunya adalah mandi. Ini akan membuat badan Anda merasa sejuk sehingga dapat tidur lebih cepat.

Selain itu, mendengarkan suara ambient atau ASMR juga bisa menjadi salah satu rekomendasi. Mungkin Anda juga bisa mencoba merelaksasi pikiran dengan mencium aroma dari lilin terapi.

5. Hindari Gadget

Gadget merupakan salah satu penyebab terbesar mengapa Anda susah tidur. Hal ini telah terbukti pada banyak penelitian, melansir dari sutterhealth , menurut seorang ahli saraf Joanna Cooper mengatakan, layar perangkat menghasilkan cahaya biru yang menekankan pada produksi melatonin di otak. Hal itu menjadi penyebab Anda susah tidur. Sedangkan pada bagian otak lain ada hormon tidur melatonin yang sensitif terhadap cahaya.

Karena itu, bermain gadget sebelum tidur akan merangsang otak manusia untuk terus bekerja. Sebaiknya, Anda jauhkan berbagai barang elektronik di sampingmu setidaknya 1 jam sebelum tidur.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan