News  

Makin Kece! Pemkot Malang Tambah 4 Armada Baru Bus Macito

Bus Macito. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)
Bus wisata Macito yang sudah beroperasi di Kota Malang, Minggu (14/08/2022). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Makin kece! Pemkot Malang bakal menambah 4 armada baru bus Malang City Tour (Macito) yang sebelumnya hanya ada 1 unit. Hal itu dilakukan karena animo masyarakat akan hadirnya Bus Macito untuk keliling Kota Malang ini dinilai cukup tinggi.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, rencananya penambahan empat bus Macito baru tersebut akan dianggarkan melalui APBD Kota Malang dan memanfaatkan CSR dari perusahaan yang ada di Malang.

“Kami dapat sumbangan melalui CSR dari Juragan 99 sebanyak dua unit bus. Dua unit tambahan lagi dari kami (APBD Kota Malang),” kata Sutiaji belum lama ini.

Dia juga mengatakan, awalnya akan memanfaatkan bus Macito lama berwarna hijau yang tak beroperasi. Namun, biaya modifikasi agar layak beroperasi kembali dinilai cukup besar dan hampir sama dengan harga bus baru. Karena itu, Sutiaji memutuskan untuk membeli bus baru.

“Bukannya kami alergi program lama. Tapi, informasinya kalau mengubah Macito (lama) kan biayanya Rp800 juta, padahal beli baru Rp1,2 miliar,” ucapnya.

Pemkot Malang pun bakal menggelontorkan dana sebesar Rp2,4 miliar untuk pengadaan dua unit bus Macito baru itu.

“Ke depannya total bakal ada lima bus Macito. Ada empat bus tambahan dan satu unit adalah yang tersedia saat ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, bus Macito merupakan bus wisata keliling kota gratis milik Pemkot Malang. Bus ini disediakan untuk masyarakat Kota Malang maupun wisatawan luar kota.

Bus berkapasitas sekitar 22 penumpang ini biasa beroperasi dengan berkeliling di berbagai titik, mulai di kawasan Kayutangan Heritage hingga Idjen Boulevard dengan start di Jalan Majapahit.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim