Malam Tahun Baru tanpa Euforia, Kota Malang Akan Tutup 10 Titik Perbatasan

Malam Tahun Baru tanpa Euforia, Kota Malang Akan Tutup 10 Titik Perbatasan

  • Bagikan
Personel Polresta Malang Kota dalam apel pengamanan Nataru. (Foto: M Sholeh)

MALANG, Tugujatim.id – Seiring himbauan perayaan tahun baru tanpa euforia, perbatasan Kota Malang akan disekat pada malam pergantian tahun 2021 ke 2021. Potensi kerumunan dalam perayaan pergantian tahun menjadi pertimbangan utama kebijakan ini. Hal ini disampaikan oleh Polresta Malang Kota melalui Satlantas Polresta Malang Kota.

AKP Yoppy Anggi Khrisna, Kasat Lantas Polresta Malang Kota, menjelaskan bahwa perayaan malam tahun baru memang dilarang demi mengantisipasi adanya paparan Covid-19 di Kota Malang.

“Kami akan tutup beberapa titik perbatasan masuk ke wilayah Kota Malang. Kami akan putar balikkan pengendara, karena memang tidak boleh ada perayaan tahun baru sama sekali,” ucapnya, Minggu (26/12/2021).

Setidaknya ada 10 titik perbatasan memasuki kota malang yang akan dilakukan penyekatan. Enam titik di antaranya yakni perbatasan Landungsari, Adiputro, Kalisari, Kedungkandang, Gadang dan Kacuk Barat. Sementara empat titik lainnya masih menunggu hasil rapat koordinasi.

“Empat titik lain masih dirapatkan. Terutama nanti adalah pintu masuk Kota Malang seperti exit tol Madyopuro, Graha Kencana dan sebagainya,” ujarnya.

Tak hanya di perbatasan kota, pihaknya juga akan menyekat sejumlah jalur dalam kota yang berpotensi terjadinya kepadatan. Di antaranya, Simpang 3 Ramayana, Simpang Mitra 1, Simpang Talun Es, Simpang 3 Kauman hingga U turn Gereja Kayutangan.

Adapun dalam penyekatan itu, nantinya masyarakat dari luar Kota Malang akan dilarang keras memasuki wilayah Kota Malang. Bahkan masyarakat Kota Batu dan Kabupaten Malang yang masih dalam aglomerasi Malang Raya dimungkinkan juga akan dilarang masuk Kota Malang dalam malam tahun baru nanti.

“Warga luar Kota Malang tidak boleh masuk saat malam tahun baru. (Warga Kota Batu dan Kabupaten Malang) tetap kami putar balikkan, tidak boleh masuk Kota Malang,” tegasnya.

Dia juga mengatakan bahwa penyekatan akan dimulai tepat pada 31 Desember 2021 setelah gelar apel sekitar pukul 12.00 WIB. “Kami akan laksanakan habis apel tahun baru, kemudian kami akan ke titik titik penyekatan,” tandasnya.

  • Bagikan