Manchester United vs AC Milan: 1-0, Pogba sebagai Kunci Kemenangan MU

  • Bagikan
Lindelof, bek MU, saat menghalau serangan yang dilancarkan oleh Kessie. (Foto: Twitter @ManUtd/Tugu Jatim)
Lindelof, bek MU, saat menghalau serangan yang dilancarkan oleh Kessie. (Foto: Twitter @ManUtd/Tugu Jatim)

INGGRIS, Tugujatim.id – Babak 16 besar Liga Eropa, partai leg ke-2 antara Manchester United vs AC Milan, yang bertanding Jumat (19/03/2021) pukul 03.00 WIB, yang dihelat di Stadion San Siro Italia, berhasil dimenangkan oleh Man United dengan skor 1-0 berkat Pogba.

Dengan kemenangan tipis ini, maka skor agregat menjadi 2-1 untuk Man United, yang memastikan bahwa klub asuhan Ole Soslkjaer akan melaju ke babak perempat final Liga Eropa.

Babak pertama memang berakhir dengan skor kacamata. Pertahanan antara kedua klub memang solid. Beberapa kali kesempatan bagus tercipta, tapi tak satu pun yang berhasil dieksekusi dengan baik di babak pertama.

D. James, sayap Man United saat menit ke-20, yang saat itu berhasil menerobos sampai ke dalam kotak penalti Milan, dengan penguasaan penuh atas bola, dengan posisi yang baik untuk menembak bola. Tapi, Tomori yang berlari cepat dari belakang berhasil menjegal James sampai tersungkur. Sayangnya, oleh wasit itu bukan dihitung sebagai pelanggaran.

Kesempatan dari Milan juga tercipta saat menit ke-22, saat Theo Hernandez berhasil menggocek bola melewati pertahanan Man United hingga masuk ke kotak penalti. Namun, dengan sigap Maguire dari samping berlari dan mengamankan bola dari kaki Hernandez.

Gol semata wayang tersebut dicetak oleh Paul Pogba yang masuk di babak kedua menggantikan Rashford. Gol yang tercetak pada 3 menit pertama babak kedua, hasil bola mentah yang tercipta dari rebutan bola antara Freed dengan bek Milan, Soualiho Meite, saat berada di dalam kotak penalti.

Yang akhirnya mengarah pelan ke Pogba yang di posisi depan samping kiri gawang Milan yang kira-kira berjarak 5 meter dari gawang. Dengan pasti dia menendang keras dengan kaki kanannya, yang tak bisa dihalau oleh penjaga gawang Milan, Donnarumma.

Tak seperti leg pertama, Milan tak mampu menyamakan kedudukan, dan Henderson sebagai penjaga gawang Man United, berhasil mengamankan gawang tanpa kebobolan pada pertandingan kali ini. Bahkan, Ibrahimovic dengan sundulan kerasnya pada menit ke-73, saat dapat umpan lambung bagus tersebut berhasil ditepis dengan apik oleh Henderson. Itu merupakan penyelamatan yang luar biasa.

Perbedaan yang Terasa setelah Masuknya Pogba

Pogba memang memberi pengaruh banyak dalam permainan awal babak kedua, dengan tekanan yang begitu berbeda. De javu agak terasa saat leg kedua ini, dengan pemain yang baru dimasukkan pada babak kedua langsung berhasil memecah kebuntuan, Diallo saat pertandingan leg pertama. Sekarang Pogba serta kekhawatiran yang mengikuti jika Milan dapat menyamakan kedudukan lagi, apalagi saat Stefano Pioli memasukkan Ibrahimovic di babak kedua ini.

Dilansir dari BBC Sport, Ole berkata bahwa para pemain telah tampil luar biasa tanpa Paul di babak pertama. Namun perbedaan terasa saat dia dimasukkan.

“Dia (Pogba-red) membuat perbedaan yang sangat, sangat besar bagi kami. Paul telah bekerja sangat keras, tapi Anda bisa melihat dia tidak bisa bermain lebih dari 45 menit,” ujar Solskjaer kepada BBC Sport.

Setelah tidak bermain selama hampir enam minggu terhitung sejak 6 Februari karena cedera otot paha yang dialaminya, mungkin dengan permainan briliannya kali ini dapat dimaafkan. Karena berperan penting di sayap kiri, dengan operannya yang meningkatkan gaya permainan Man United saat babak kedua.

Pengaruh Pogba begitu terasa karena entah kenapa Bruno Fernandes yang sebelum-sebelumnya bermain bagus, dengan operan-operan dari tengahnya yang mampu membuat pertahanan Milan harus bekerja ekstra di leg pertama, kali ini terlihat bapuk, bahkan sejak awal pertandingan.

Selain Pogba, Henderson juga mendapat pujian dari Solskjaer. Dilansir dari The Guardian dengan gembira Solskjaer berkata.

“Ketida Anda menang tandang di stadion lawan, dengan tim seperti ini, Anda akan sangat bahagia. Dean Henderson melakukan penyelamatan fantastis menjelang akhir dan saya sangat senang dengan pertahanan semua orang. Kami tahu enam bek, dengan orang-orang seperti Tominay dan Fred selalu memberikan segalanya,” ujarnya.

Ini merupakan clean sheet keenam dalam tujuh pertandingan terakhir. (Pramana Jati/ln)

  • Bagikan