Mencicipi Lezatnya Lontong Kupang, Kuliner Khas Kota Sidoarjo - Tugujatim.id

Mencicipi Lezatnya Lontong Kupang, Kuliner Khas Kota Sidoarjo

  • Bagikan
lontong kupang. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Kuliner lontong kupang. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Kalau ngomongin kuliner, tentunya tak akan ada habisnya ya! Apalagi jika Anda berkunjung ke Kota Sidoarjo? Kira-kira apa sih kuliner khas Sidoarjo? Ya, lontong kupang! Kuliner satu ini adalah makanan tradisional khas Kota Sidoarjo lho.

Dilihat dari namanya, kupang menjadi bahan dasar dari makanan ini. Namun, ada yang tahu gak sih apa itu kupang? Dilansir dari goodnews, nama “kupang” diambil dari sejenis hewan kerang berukuran sebesar biji kedelai dan banyak dijumpai di wilayah pantai.

Kupang memiliki cita rasa yang sangat enak, pedas, asam, manis, dan gurih. Biasanya, sajian sepiring lontong kupang terdiri dari lontong, kupang, dan lento. Untuk bumbu dasarnya biasanya ada bawang putih, penyedap rasa, garam, gula, cabai (opsional buat yang suka pedas), dan petis.

Satu piring lontong kupang bisa bikin Anda kenyang karena isiannya cukup banyak. Dan lontong yang lembut dan padat sebagai sumber karbohidrat di makanan ini.

Biasanya, kalau memakan lontong kupang, ada menu pendampingnya. Di antaranya, sate kerang yang wajib nemenin Anda makanan lontong kupang. Untuk pelengkap minumannya, cocok juga dengan es kelapa muda.

Selain memiliki cita rasa yang khas, lontong kupang juga mempunyai nilai gizi yang cukup banyak lho. Dikutip dari sarihusada, kupang memiliki sumber asam amino yang cukup tinggi. Kupang putih maupun kupang merah memiliki 17 asam amino, sedangkan dari 17 asam amino tersebut terkandung 10 macam asam amino esensial yang diperlukan untuk tubuh. Di antaranya: treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin, tripsin, histidin, dan arginin.

  • Bagikan