Mencuci Baju Rajut agar Tak Mudah Menyusut? Ini Caranya...

Mencuci Baju Rajut agar Tak Mudah Menyusut? Ini Caranya…

  • Bagikan
Ilustrasi baju rajut/Pexels
Ilustrasi baju rajut/Pexels

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Pakaian rajut menjadi salah satu pakaian yang nyaman digunakan saat musim hujan seperti sekarang ini. Bahannya yang lembut dan halus di permukaan kulit, menjadikan pakaian ini digemari semua kalangan.

Namun perlu Anda tahu, pakaian rajut akan mudah rusak bila tidak dirawat dan dicuci dengan cara yang tepat lho! Nah, Tugu Jatim beri tip cara mencuci baju rajut agar tetap tebal dan nyaman digunakan.

1. Cuci manual

Cuci baju rajut dengan tangan untuk mencegah kerusakan pada pakaian. Menggunakan mesin cuci memang praktis dan mudah, tapi hal tersebut tidak direkomendasikan karena dapat membuat baju rajut Anda menjadi mudah berbulu, menjadi melar, atau bahkan menyusut menjadi ukuran yang lebih kecil.

Jika Anda mencuci secara manual, kuceklah pakaian secara lembut untuk menghindari baju menjadi melar.

2. Gunakan Detergen yang Tepat

Saat mencuci, Anda disarankan untuk menggunakan deterjen yang dapat membersihkan tanpa merusak bahan rajutan.

3. Hanya Perlu Direndam Sebentar

Jangan merendam baju rajut terlalu lama. Anda hanya perlu waktu maksimal 5 menit untuk merendamnya.

4. Jangan Diperas

Baju rajut akan mudah melar jika Anda terlalu kencang dalam memerasnya. Anda bisa mengeringkan baju rajut dengan cara menggunakan handuk kering.

Caranya, gulung baju rajut yang masih basah dengan hati-hati, kemudian tekan perlahan-lahan dengan handuk kering untuk menyerap sebagian airnya.

5. Baju Berbahan Rajut Tidak Perlu Terlalu Sering Dicuci

Terlalu sering mencuci pakaian rajut ternyata juga dapat membuat pakaian menjadi berubah teksturnya dan cepat rusak lho! Agar baju rajut tetap segar lebih dari 1 hari, saat mencuci gunakanlah pewangi sebagai pelembut dan pengharum pakaian.

6. Jangan Gunakan Pemutih saat Mencuci

Hindari menggunakan pemutih pakaian saat mencuci bahan rajut Anda ya karena kandungan dalam pemutih pakaian dapat mengurangi elastisitas bahan rajut.

7. Perhatikan Cara Menjemur Pakaian Rajut

Selain perihal cara mencuci, pakaian rajut juga dapat awet bila Anda menjemurnya dengan cara yang tepat. Untuk baju-baju berbahan rajut, ketika menjemur sebaiknya tidak dengan cara digantung, tapi hanya diangin-anginkan dengan diletakkan pada alas yang datar.

Menjemur pakaian rajut dengan digantung dapat membuat bagian bahu menjadi turun dan menjadi melar. (Mila Arinda/ln)

  • Bagikan