Menengok Markas Pemadam Kebakaran di Kota Batu yang Jadi "Batu Tourism Mall" - Tugujatim.id

Menengok Markas Pemadam Kebakaran di Kota Batu yang Jadi “Batu Tourism Mall”

  • Bagikan
Bangunan aset Pemkot Batu yang semula merupakan markas mobil pemadam kebakaran yang akan disulap jadi Batu Tourism Mall atau pusat informasi pariwisata. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Bangunan aset Pemkot Batu yang semula merupakan markas mobil pemadam kebakaran yang akan disulap jadi Batu Tourism Mall atau pusat informasi pariwisata. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu menyulap bangunan kosong yang semula jadi markas armada pemadam kebakaran kini disulap jadi pusat informasi pariwisata atau Batu Tourism Mall. Rencana, BTM ini akan diresmikan pada bulan November 2021 mendatang.

BTM ini persisnya ada di Jalan Kartini, Kelurahan Ngaglik, Kota Batu. Sementara, armada Damkar berpindah di Balai Kota Among Tani. Kepala Disparta Kota Batu Arief As Siddiq membenarkan dan pembenahannya akan dimulai bulan Agustus 2021 ini.

Ada 2 tingkat, kata Arief di bangunan ini. Pusat informasi pariwisata akan dipusatkan di lantai dasar dan lantai akan menjadi kantor PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Kota Batu.

”Tak hanya jadi pusat informasi, nanti disini juga akan kita display berbagai macam produk dari para pelaku ekonomi kreatif di Batu,”’ kata Arief, dihubungi, Selasa (3/8/2021).

Selain itu, lanjut Arief, BTM akan menjadi wadah bertemunya para pelaku wisata, mulai dari hotel, UMKM, tour travel, homestay dan lain-lain. Bahkan, desa-desa wisata juga bisa memanfaatkan fasilitas ini.

”Jika ada banyak pelaku wisata yang memanfaatkan ini, maka wisatawan juga akan nyaman karena bisa cari informasi wisata di sini,” kata mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini.

Arief mengaku, pemberlakuan PPKM Darurat atau Level 4 ini membuat pihaknya memanfaatkan waktu untuk memunculkan inovasi-inovasi lain. Jika melihat data kunjungan wisata hingga per Juni 2021, tercatat mencapai 803.554 wisatawan.

  • Bagikan