Monumen Bambu Runcing, Ikon Pariwisata Sejarah Kota Surabaya

Monumen Bambu Runcing, Ikon Pariwisata Sejarah Kota Surabaya

  • Bagikan
Monumen Bambung Runcing di Jalan Panglima Sudirman Kota Surabaya./tugu jatim
Monumen Bambung Runcing di Jalan Panglima Sudirman Kota Surabaya. (Foto: Gabriel Jhon K. S)

Tugujatim.id – Kamu pasti sudah sering mendengar tentang bambu runcing. Salah satu senjata ini sangat berjasa  yang digunakan pasukan perang Indonesia saat bertempur melawan penjajah. Sesuai namanya, bambu runcing terbuat dari bambu yang dipotong runcing di bagian ujungnya.

Meskipun hanya senjata sederhana, secara historis bambu runcing memiliki makna bagi rakyat Indonesia. Untuk mengenang dan mengingat peran senjata ini dalam perjuangan kemerdekaan, maka dibangunlah sebuah Monumen Bambu Runcing di Kota Surabaya atau Kota Pahlawan.

Monumen ini berada di Jalan Panglima Sudirman Kota Surabaya. Di tegah keramaian lalu lintas jalan, para pengunjung yang datang ke Kota Surabaya akan dapat langsung melihat monumen ini ketika melintas di jalan tersebut.

Selain sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan pahlawan, kini Monumen Bambu Runcing juga menjadi salah satu ikon wisata sejarah yang dapat dikunjungi di Kota Surabaya.

Monumen ini terdiri dari 5 pilar bambu yang memiliki tinggi berbeda yang sayangnya tidak ada ukuran yang tepat pada tiap pilar bambu. Pada waktu tertentu, pilar bambu runcing tersebut akan mengeluarkan air mengalir layaknya air mancur. Di malam hari akan tampak warna-warni dengan lampu hias. Monumen ini juga penuh dikelilingi oleh beragam tanaman hias.

Jika ingin berkunjung, Anda dapat berkendara dan menggunakan maps untuk datang ke lokasi. Datang ke monumen ini tidak dikenai biaya dan beroperasi selama 24 jam. Anda bisa menikmati indahnya Monumen Bambu Runcing sekaligus mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto di depan monumen.

Lokasinya yang strategis terletak di jantung Kota Surabaya tidak akan membuat bosan atau bingung harus melanjutkan perjalanan kemana lagi. Karena Monumen Bambu Runcing memiliki lokasi yang dekat dengan Kebun Binatang Surabaya, Tugu Pahlawan Surabaya, Surabaya Plaza, dan Tunjungan Plaza. Tempat-tempat tersebut bisa menjadi tujuan selanjutnya setelah dari monumen tersebut.

  • Bagikan