SURABAYA, Tugujatim.id – Pemerintah Kota Surabaya membuka layanan antar Administrasi Kependudukan (Adminduk) langsung pada warga. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan publik.
Salah satu kelurahan yang sudah mulai menerapkan kebijakan ini adalah Kelurahan Pucang Sewu. Ini disampaikan langsung oleh Lurah Pucang Sewu, Kenny Pieter Tupamahu.
“Di Kelurahan Pucang Sewu, kami sudah lakukan pengantaran (Adminduk) seminggu tiga kali mulai dari siang hingga sore hari,” katanya saat ditemui pada Senin (5/9/2022).
Also Read
Selain itu, dia juga melakukan jemput bola untuk menjaring permasalahan warga tentang pelayanan dari rumah ke rumah. Dari penjaringan layanan tersebut, didapati banyak layanan Adminduk hingga BPJS yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.
“Tapi tidak menutup kemungkinan untuk ‘on call’ (melalui telepon) mendatangi warga. Apalagi, sekarang layanan ‘Sayang Warga’ juga menambah jam operasional pada Selasa malam, pukul 18.00-20.00 WIB di setiap Balai RW,” ujarnya.
Ia berkomtimen akan terus berkeliling untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan “Sayang Warga”. Sementara itu, Sri Sukariati, Lurah Pacar Keling mengatakan salah satu bentuk layanan yang diberikan berupa bantuan kepada warga agar tidak mengeluarkan biaya transportasi untuk pengurusan layanan publik.
“Alhamdulillah warga sangat antusias, karena semua pelayanan publik tersedia di Balai RW. Apabila warga tidak bisa datang untuk mengambil berkas, maka staf kami bisa mengantarkan berkas tersebut kepada warga,” ucapnya.
Ia berharap dengan adanya pendekatan layanan membuat masyarakat bisa lebih mudah dalam memanfaatkan berbagai layanan publik.
Saat ini, layanan tersebut digelar setiap Selasa mulai pukul 18.00 WIB sampai 20.00 WIB, kemudian pada Jumat mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.