Nasi Kapau Uda Falah, Kembaran Nasi Padang Belum Banyak Orang Tahu

Nasi Kapau Uda Falah, Kembaran Nasi Padang Belum Banyak Orang Tahu

  • Bagikan
Beberapa menu lauk yang ada di warung nasi Kapau Uda Falah/tugu jatim
Beberapa menu lauk yang ada di warung nasi Kapau Uda Falah. (Foto: Dokumen Fahra Auliani Rahmah)

MALANG, Tugujatim.id– Sumatera Barat termasuk daerah dengan beragam kuliner yang lezat. Berbicara soal kuliner di daerah ini pasti yang terpikirkan pertama kali adalah nasi Padang.

Memang nasi Padang ada di setiap penjuru daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, termasuk di Kota Malang. Cirinya, menyajikan banyak sekali jenis lauk pauk yang dijejer di bagian depan warung.

Tetapi apakah Anda tahu ternyata nasi Padang punya kembaran, namanya nasi Kapau. Sekilas kedua makanan ini memang terlihat mirip. Namanya juga kembaran, iya kan? Kebanyakan masakannya dibuat dengan menggunakan santan.

Tetapi kalau diteliti dengan seksama, masih terlihat perbedaan keduanya. Misalnya, lauk khas yang dijual di rumah makan nasi Kapau di antaranya Gulai Tambusu dan Gulai Tunjang, yang tidak ada pada nasi Padang. Kemudian, sayuran pelengkapnya pun tidak hanya menggunakan daun pucuk ubi, tetapi disertai dengan kacang panjang rebus. Itu sih perbedaan paling mencoloknya, yang lainnya terkesan sangat mirip.

Tampilan depan warung nasi kapau Uda Falah/tugu jatim
Tampilan depan warung nasi kapau Uda Falah. (Foto: Dokumen Fahra Auliani Rahmah)

Daripada terus penasaran, Anda bisa langsung mengunjungi rumah makan nasi Kapau Uda Falah. Rumah makan ini terletak di Jalan Bunga Coklat No.Kav. 3, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Sangat dekat dari Jalan Soekarno Hatta.

Ketika masuk ke dalam rumah makan tersebut, pengunjung akan disambut dengan berbagai macam lauk yang dijejerkan di atas meja penjual. Interiornya simple dan rapi membuat rumah makan terasa seperti restoran.  Walaupun begitu, harga makanan yang disajikan relatif murah, mulai dari kisaran Rp. 12.000 sampai yang termahal Rp. 16.000.

Adapun menu yang harus Anda coba adalah Gulai Tambusu. Ini merupakan menu utama yang ada di kedai tersebut. Gulai Tambusu adalah usus yang diisi dengan telur dan tahu. Disajikan dengan kuah santan gulai yang gurih dan nikmat.

Namun, jika Anda bukan pecinta usus tidak perlu khawatir. Banyak sekali pilihan menu khas yang pastinya tidak kalah nikmatnya. Selain itu, kedai ini menyajikan berbagai lauk seperti gulai ikan, gulai ayam, gulai kikil, gulai cumi, balado telur, balado ayam, balado ikan, ikan goreng, ayam goreng, ayam panggang, udang tusuk goreng, ayam lado ijo, perkedel, dst.

Dan, jangan lupa dicoba juga sambalnya ya. Ada dua jenis sambal, yaitu sambal lado sirah (sirah berarti merah) dan sambal lado ijo (hijau). Rasanya cukup pedas dan pastinya nendang.

Bagi Anda pecinta kuliner Sumatera Barat, Nasi Kapau Uda Falah wajib untuk Anda coba. Warung ini merupakan satu-satunya warung Nasi Kapau di Kota Malang yang berdiri sejak tahun 2020.

“Ayo dunsanak sadonyo, makan di Nasi Kapau Uda Falah. Sambanyo lamak-lamak, ndak cukuik ciek doh”.

  • Bagikan