Paisa Vasool, Cara Orang India Memaksimalkan Nilai Uang

Paisa Vasool, Cara Orang India Memaksimalkan Nilai Uang

  • Bagikan
Pasio Vasool di India/tugu jatim
Pasio Vasool di India. (Foto: Pexels)

INDIA, Tugujatim.id – Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita berupaya memaksimalkan nilai (uang) yang akan kita gunakan untuk pemenuhan kebutuhan. Di India terdapat konsep budaya unik yang sering disebut dengan istilah Paisa Vasool, atau nilai untuk uang.

Konsep budaya ini mencerminkan gaya hidup lokal masyarakat India dalam menemukan nilai pada segala sesuatu yang mereka miliki. Dan, nilai ini bisa dimaknai sebagai uang dalam suatu interaksi tertentu. Artinya bagaimana “nilai uang” ini yang dimiliki dapat dimaksimalkan penggunaannya.

Dilansir dari BBC, Paisa Vasool juga memiliki komponen manusia yang penting. “Ia (Paisa Vasool) bisa berarti lensa mata bagi jaringan dan itu sekaligus mengikat dalam masyarakat India,” ungkap Dr Ritu Birla selaku profesor sejarah di Universitas Toronto.

Bentuk Paisa Vasool misalnya penawaran beli satu dapat tambahan satu secara gratis, memberikan hadiah tambahan bagi teman, atau memberikan pertanyaan ekstra pada dokter di luar waktu konsultasinya. Jadi ada makna kemurahan di dalam tradisi Paisa Vasool ini.

Misalnya, ketika kita membeli telur dan membayarnya maka kita dapat tambahan satu gratis, si penjual sebetulnya juga dapat nilai tambah di sini, yaitu loyalitas dan kepercayaan dari kita sebagai pembeli. Karena kita  akan senantiasa percaya untuk menjadi pelanggan si penjual tersebut.

Jadi semangat kemurahan dalam Paisa Vasool adalah keberkahan, atau disebut barkat dalam bahasa Urdu. Istilah ini bisa dipadankan dengan kata berkah. Konsep ini sebetulnya untuk menjelaskan falsafah uang. “Ketika ada berkah, dan ada moralitas dari asal dan sumber uang, maka akan ada rahmat dalam cara mendapatkannya. Jadi tidak ada rasa tidak cukup di situ,” terang Dr. Supriya Signh, profesor kehormatan di sosiologi komunikasi Universitas RMIT Asutralia sebagaimana dilansir BBC.

Di India, uang adalah media untuk membangun relasi, meskipun mereka tidak punya uang namun mereka tetap saling berbagi satu sama lain.

  • Bagikan