YOGYAKARTA, Tugujatim.id – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menegaskan bahwa di mana pun kita berada, jangan pernah menganggap remeh siapa pun. Hormati dan hargai semua orang yang berkomunikasi dengan kita. Inilah yang disebut “Respect”.
Penulis buku “super best seller” trilogi The Power of Silaturahim ini menegaskan “Jangan karena punya jabatan, merasa lebih hebat dari yang lain. Sehingga tidak menghargai orang lain,” kata pria yang selalu bicara apa adanya ini.
Dr Aqua menyampaikan hal tersebut ketika secara mendadak ia mendapatkan amanah dan rezeki menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi pada acara Doa Pagi Bank Syariah Indonesia (BSI) Area Yogyakarta di Gedung BSI lantai 4 Jalan Sudirman No 42 Yogyakarta.
Dalam paparannya, Dr Aqua mengatakan bahwa “Respect” adalah unsur pertama dari rumus komunikasi REACH Plus A+C. Kepada seluruh yang hadir Dr Aqua menyarankan bahwa di mana saja berada agar konsisten melaksanakan rumus ini yang merupakan singkatan dari Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble, Action dan Consistensy.
Kedua adalah sikap “empathy” (empati). Semua pegawain BSI harus bisa merasakan yang dirasakan orang lain. Ini juga penting buat para atasan kepada seluruh jajarannya.
“Upayakan bisa merasakan yang dialami orang lain. Dengan begitu semuanya merasa nyaman. Apalagi kalau kemudian dapat membantu mengatasi kesulitan mereka,” tutur Dr Aqua.
Ketiga, tambah motivator ulung ini adalah Audible atau dapat dimengerti yaitu semua yang disampaikan dengan mudah dipahami seluruh orang meski latar belakang termasuk pendidikannya berbeda-beda.
Untuk melengkapi itu, lanjut pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara ini, maka perlu yang keempat yakni Clarity atau penyampaiannya menggunakan kalimat terbuka dan sederhana. Terakhir adalah Humble atau rendah hati, tidak ada yang perlu disombongkan. REACH akan sangat berarti jika dilengkapi dengan huruf ‘A’ dan ‘C’ yakni Action dan Consistency atau Tindakan nyata dan cepat serta Konsistensi dalam pelaksanaannya.
Amanah sebagai pegawai BSI, ujar Dr Aqua, sebaiknya dimanfaat sebaik-baiknya dengan menghargai semua orang. Sehingga semuanya merasa nyaman saat bekomunikasi.
Selain itu, tambah Dr Aqua, nasabah atau calon nasabah tidak ragu-ragu menyampaikan berbagai informasi kepada polisi. Sedikit banyak info yang disampaikan mereka bermanfaat buat manajemen BSI.
Rezeki saat Liburan Keluarga
Amanah dan rezeki menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di BSI Area Yogyakarta didapatkan Dr Aqua saat menjalani liburan bersama keluarga di “Kota Pelajar” Yogyakarta menjelang pergantian tahun.
Meski sedang liburan, Dr Aqua tetap produktif dan terus menjalani aktivitas silaturahim. Sama sekali tidak pernah lelah melaksanakannya.
Awalnya, Dr Aqua berkomunikasi dengan Area Manager BSI Yogyakarta Budi Abdiriva. Wakil Direktur Utama bank itu Bob Tyasika Ananta yang mengenalkan Dr Aqua kepada Budi.
Pada Rabu (28/12/2022) siang saat sedang di Cengkir Heritage Resto & Coffee Sleman, Yogyakarta, Dr Aqua kontak Budi. Meski komunikasinya diawali lewat WhatsApp (WA) dan dilanjutkan berbicara melalui telepon, mereka ngomongnya nyambung dan langsung akrab.
“Saya jadi makin semangat karena mau bertemu guru hebat seperti Pak Aqua. Saya dan teman-teman di BSI Yogyakarta bisa banyak belajar pada bapak,” ujar Budi.
Semula mereka ingin langsung bertemu. Namun karena Dr Aqua sedang menjamu tamu dari Padang sehingga rencana tersebut ditunda dan baru terjadi pada Kamis (29/12/2022) pagi.
Lebih Satu Jam Berdiskusi
Jumat (23/12/2022) sore lalu sebelum meninggalkan Jakarta untuk liburan bersama keluarga di Salatiga, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, Dr Aqua silaturahim ke Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta di Kantor pusat BSI lantai 7 Gedung The Tower Jakarta.
Lebih dari satu jam dua sahabat lama itu ketemu. Mereka mendiskusikan banyak hal termasuk tentang berbagai upaya yang telah, sedang, dan akan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia BSI.
Dr Aqua menyimak semua yang disampaikan Bob. Seluruhnya menarik sekali. Apalagi jika dikaitkan dengan visi dan Misi BSI.
Visi BSI adalah Top 10 Global Islamic Bank.
Sedangkan Misinya
• Memberikan akses solusi keuangan syariah di Indonesia Melayani >20 juta nasabah dan menjadi top 5 bank berdasarkan asset (500+T) dan nilai buku 50 T di tahun 2025
• Menjadi bank besar yang memberikan nilai terbaik bagi para pemegang saham Top 5 bank yang paling profitable di Indonesia (ROE 18%) dan valuasi kuat (PB>2)
• Menjadi perusahaan pilihan dan kebanggaan para talenta terbaik Indonesia. Perusahaan dengan nilai yang kuat dan memberdayakan masyarakat serta berkomitmen pada pengembangan karyawan dengan budaya berbasis kinerja.
“Insya ALLAH tahun depan saya mengundang Pak Aqua untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada teman-teman di BSI. Mereka butuh sentuhan bapak agar kinerjanya lebih optimal,” ujar Bob.
Sejarah Berdirinya BSI
Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, memiliki potensi untuk menjadi yang terdepan dalam industri keuangan Syariah. Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap halal matter serta dukungan stakeholder yang kuat, merupakan faktor penting dalam pengembangan ekosistem industri halal di Indonesia. Termasuk di dalamnya adalah Bank Syariah.
Bank Syariah memainkan peranan penting sebagai fasilitator pada seluruh aktivitas ekonomi dalam ekosistem industri halal. Keberadaan industri perbankan Syariah di Indonesia sendiri telah mengalami peningkatan dan pengembangan yang signifikan dalam kurun tiga dekade ini. Inovasi produk, peningkatan layanan, serta pengembangan jaringan menunjukkan trend yang positif dari tahun ke tahun. Bahkan, semangat untuk melakukan percepatan juga tercermin dari banyaknya Bank Syariah yang melakukan aksi korporasi. Tidak terkecuali dengan Bank Syariah yang dimiliki Bank BUMN, yaitu Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah.
Pada 1 Februari 2021 yang bertepatan dengan 19 Jumadil Akhir 1442 H menjadi penanda sejarah bergabungnya Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah menjadi satu entitas yaitu BSI. Penggabungan ini akan menyatukan kelebihan dari ketiga Bank Syariah sehingga menghadirkan layanan yang lebih lengkap, jangkauan lebih luas, serta memiliki kapasitas permodalan yang lebih baik. Didukung sinergi dengan perusahaan induk (Mandiri, BNI, BRI) serta komitmen pemerintah melalui Kementerian BUMN, Bank Syariah Indonesia didorong untuk dapat bersaing di tingkat global.(*)