Pamerkan Pradesain Istana Negara yang Baru di Kalimantan Timur, Jokowi Minta Masukan dari Masyarakat

  • Bagikan
Hasil pradesain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) buatan pematung kenamaan Nyoman Nuarta yang dipamerkan Presiden Joko Widodo. (Foto: IG @jokowi/Tugu Jatim)
Hasil pradesain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) buatan pematung kenamaan Nyoman Nuarta yang dipamerkan Presiden Joko Widodo. (Foto: IG @jokowi/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) menjadi perbincangan di dunia maya. Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan pradesain Istana Negara yang nantinya berada di Kalimantan Timur.

Dikutip dari akun resminya, Joko Widodo mengharapkan masukan dari masyarakat mengenai pradesain Istana Negara, dengan begitu dia menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini,” tulis Jokowi yang dikutip Tugu Jatim Sabtu (03/04/2021).

“Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara,” sambung orang nomor 1 di Indonesia itu.

Sebelumnya, pada tahun lalu Kementerian PUPR telah mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di Ibu Kota Negara yang salah satunya terpilih, yaitu seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta.

“Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Jokowi.

Dalam video tersebut terlihat pepohohan hijau yang rindang dan dialiri sungai di bawahnya serta bangunan utamanya tergambar Burung Garuda yang membentangkan kedua sayapnya. Video lengkapnya bisa disaksikan melalui akun Instagram resmi @jokowi.

Sementara itu, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) memastikan, groundbreaking Istana Negara ditargetkan tahun 2021.

“Kami optimistis mudah-mudahan pembangunan Istana Presiden bisa groundbreaking pada tahun ini. Tanggal 17 Agustus 2024 itu presiden bisa melaksanakan 17 Agustusan di ibu kota negara baru,” katanya Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Kamis (01/04/2021). (Mila Arinda/ln)

  • Bagikan