News  

Patung Kuda dari Knalpot Brong Rampasan jadi Ikon Baru Posko Mudik Lebaran di Tuban

Monumen patung kuda terbuat dari knalpot brong yang dipasang di pos pelayanan terpadu mudik lebaran operasi ketupat semeru 2022 di rest area Tuban.
Monumen patung kuda terbuat dari knalpot brong yang dipasang di pos pelayanan terpadu mudik lebaran operasi ketupat semeru 2022 di rest area Tuban. (Foto: Dokumen)

TUBAN, Tugujatim.id – Lebaran tahun ini ada yang berbeda di pos mudik lebaran operasi ketupat semeru 2022. Di pos pelayanan yang ada di Rest Area Tuban tampak sebuah monumen unik berbentuk patung kuda jingkrak yang terbuat dari knalpot brong.

Pemandangan itu membuat masyarakat yang datang ke lokasi mengabadikannya lewat foto maupu swafoto yang kemudian dipasang di akun media sosialnya masing-masing.

Kanit Laka Satlantas Polres Tuban, IPDA Eko Sulistyono, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa patung kuda itu memang sengaja diletakkan di depan pos pelayanan terpadu mudik lebaran 2022. Hal tersebut, ingin memberikan suasana berbeda di setiap tahunnya.

Giliran tahun ini memilih patung berntuk kuda jingkrak yang nilai filosofinya seperti simbol Pemkab Tuban dan hewan yang ditunggani Ronggolawae, salah satu Adipati Tuban zaman kerajaan Majapahit.

Kuda sendiri memilik makna hewan yang gagah berani, patuh, taat dan tidak mudah lelah. Sehingga dianggap cocok sebagai ikon untuk menggambarkan sebuah semangat. Sedangkan, bahan yang digunakan adalah knalpot brong hasil razia anggota Satlantas Polres Tuban.

“Ada sekitar 150-200 buah knalpot yang digunakan untuk membuat patung kuda ini,” ungkap IPDA Eko Sulistyono kepada Tugu Jatim.

Selain itu, dalam pembuatan patung ini dibutuhkan waktu sekitar satu mingguan yang melibatkan siswa dan guru SMKN 1 Tuban.

“Dari pada (knalpot itu) membuat tidak nyaman maka kemudian dijadikanlah kreasi seni yang sangat tinggi ini,” terangnya.

Rencananya, patung monumen ini akan dipasang permanen di sana karena nanti di lokasi tersebut akan dibangun pos polisi permanen dan akan diresmikan oleh bupati dan Kapolres Tuban.

Sementara itu, sehari sebelumnya Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Latif Usman, bersama dengan tim melakukan pengecekan langsung keberadaan pos pelayanan mudik lebaran 2022 yang ada di wilayah Kabupaten Tuban.

Pengecekan pos pelayanan mudik 2022 dalam rangka menjelang operasi ketupat itu dilaksanakan guna memastikan kesiapan personil dan juga sarana pelayanan arus mudik 2022 ini. Selain melakukan pengecekan pos pelayanan, Dirlantas Polda Jatim juga telah melakukan pantauan jalur pantura khususnya di Tuban.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim