Pemkab Tuban Raih WTP dari Kementerian Keuangan RI untuk Kali Kelima - Tugujatim.id

Pemkab Tuban Raih WTP dari Kementerian Keuangan RI untuk Kali Kelima

  • Bagikan
Gubernur Jatim. Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gibernur Jatim, Emil Dardak menyerahkan penghargaan WTP kepada Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky. (Foto: Pemkab Tuban) tugu jatim
Gubernur Jatim. Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gibernur Jatim, Emil Dardak menyerahkan penghargaan WTP kepada Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky. (Foto: Pemkab Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Pemkab Tuban menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kali kelima dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky di salah satu hotel di Banyuwangi, Sabtu (29/10/2021).

Penghargaan ini merupakan kali kelima diterima Pemkab Tuban semenjak pemerintahan Bupati Fathul Huda-Noor Nahar Husein, dan diteruskan Aditya Halindra Faridzky-H, Riyadi.

Bupati Tuban menganggap capaian ini menjadi penyemangat sekaligus motivasi untuk meningkatkan kinerja. Dalam pelaksanaannya menjunjung komitmen tinggi untuk menjaga akuntabilitas, kerja efektif dan efisien. Harapannya, mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat.

“Hal ini menjadi modal dasar dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan pemerintah,” kata Lindra.

Pria yang juga menjabat Ketua DPD Partai Golkar Tuba ini berpesan kepada seluruh jajaran Pemkab Tuban, agar mampu menambah semangat seluruh untuk bekerja dan melayani masyarakat lebih baik.

“Jadikan ini sebagai pelecut meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan kabupaten,” serunya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jatim Kemenkeu RI, Taukhid, menjelaskan penghargaan tersebut merupakan bagian dari apresiasi pemerintah untuk mendorong pemerintah daerah agar bisa mengupayakan, mempertahankan Opini WTP dari BPK di wilayah masing-masing.

Poin penting dari penghargaan Opini WTP adalah kemampuan pemerintah daerah untuk dapat mewujudkan keuangan publik yang benar-benar untuk rakyat.

“Yang mana tujuan akhirnya kemakmuran rakyat,” ujarnya.

Di kesempata itu juga, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan keberhasilan dalam mendapatkan opini WTP ini merupakan hasil dari kerjasama yang harmonis dari sejumlah instansi pemerintahan. Jika diibaratkan kelompok musisi atau orkestra, maka kepala daerah baik itu provinsi maupun kabupaten/kota adalah komandan orkrestasi.

Lebih lanjut, orkrestrasi adalah bagaimana semua elemen terkait bisa menjadi partner yang harmonis.

“Ada kerja keras, kerja berat, kejar luar biasa. Tugas besar yang luar biasa itu adalah ketika kita bersama-sama harus menangani pandemi Covid-19, yang pada saat itu mengalami lonjakan yang eksponensial,” ungkapnya.

Gubernur Jatim mengatakan keberagaman di Jawa Timur merupakan sebuah potensi yang harus disikapi dengan bijak.

“Taman safari politik kita ini juga harus nampak indah,varian varian warna di taman safari politik kita, harus enak dilihat dan memberikan manfaat,” tuturnya.

Sebatas diketahui, Penghargaan ini merupakan apresiasi Kemenkeu atas prestasi Pemerintah Daerah dalam mempertahankan Predikat Opini WTP dari BPK RI berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020.

 

 

  • Bagikan