Pemkot Malang Siapkan Vaksin Booster untuk Hadapi Covid-19 Gelombang 3 - Tugujatim.id

Pemkot Malang Siapkan Vaksin Booster untuk Hadapi Covid-19 Gelombang 3

  • Bagikan
Penyaluran vaksin Covid-19 bagi masyarakat di Kota Malang. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Penyaluran vaksin Covid-19 bagi masyarakat di Kota Malang. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Pemkot Malang tengah bersiap menghadapi Covid-19 gelombang 3 dengan menyalurkan vaksin booster atau vaksin dosis 3 untuk masyarakat umum.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, vaksin booster juga sebagai upaya penguatan herd immunity di Kota Malang. Apalagi pakar epidemolog juga telah memprediksi adanya lonjakan Covid-19 gelombang ketiga di akhir 2021.

“Makanya ini untuk penguatan di tingkat masyarakat umum, jadi herd immunity nanti kami kuatkan. Info sekarang kan juga bakal ada gelombang ketiga, jadi ini untuk langkah antisipasinya,” jelasnya.

Menurut dia, rencana vaksin booster tersebut juga telah mendapat restu dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Selain itu, pemerintah pusat juga telah menginstruksikan pelaksanaan vaksinasi booster itu.

“Sudah ada instruksi dari pemerintah pusat. Menteri Kesehatan (Menkes) RI menyampaikan ada 24 juta vaksin yang disiapkan,” paparnya.

Untuk saat ini, capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Malang telah mencapai lebih dari 90 persen untuk dosis pertama. Pihaknya juga menargetkan vaksinasi di Kota Malang tuntas 2021 ini.

“Masyarakat Kota Malang untuk vaksinasi dosis pertama dan kedua kami targetkan bisa selesai 100 persen pada 2021 ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menambahkan, saat ini pihaknya tengah menunggu petunjuk teknis dari Kemenkes RI terkait penyaluran vaksin booster kepada masyarakat umum.

“Kami masih menunggu regulasi dari Kemenkes RI. Nanti bertahap seperti pelaksanaan vaksin sebelumnya atau bagaimana sasarannya, masih menunggu,” ucapnya.

Saat ini, menurut dia, vaksin booster di Kota Malang masih diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes). Sementara capaian vaksin booster untuk nakes di Kota Malang saat ini telah mencapai 91,76 persen.

 

  • Bagikan