Perbedaan Fixed Vs Growth Mindset, Anda yang Mana?

Perbedaan Fixed Vs Growth Mindset, Anda yang Mana?

  • Bagikan
Perbedaan fixed mindset dan growth mindset.
Perbedaan fixed mindset dan growth mindset. (Foto: Pinterest)

Oleh: Zahra Qolbi Ainayah*

Tugujatim.id – Fixed dan growth mindset merupakan cara pandang atau pemikiran kita mengenai diri dan kemampuan kita sendiri. Hal-hal yang kita pandang saat ini tidak hanya mempengaruhi perasaan kita tetapi juga mempengaruhi kita dalam mencapai suatu tujuan hidup.

Orang-orang yang mempunyai fixed mindset cenderung berpikir bahwa kemampuan atau bakat pada diri seseorang adalah hal yang mutlak atau dapat diartikan bahwa ketika kita tidak berbakat di suatu bidang, maka kita tidak bisa menjalani bidang tersebut.

Berbeda dengan orang yang memiliki growth mindset yang berpikir bahwa pengetahuan dan bakat dapat berkembang sampai kapan pun asalkan kita berusaha untuk mengembangkan hal tersebut.

Orang yang memiliki fixed mindset seringkali melihat orang lain berdasarkan hasil atau pencapaian mereka. Semakin banyak pencapaian orang lain, maka semakin sukses dan hebat orang tersebut. Dapat dikatakan bahwa fixed mindset berorientasi pada kuantitas atau seberapa banyak hasil yang didapatkan oleh orang lain.

Salah satu contohnya yang sering terjadi di sekitar kita, yaitu ketika kita melihat orang lain yang memiliki followers yang cukup banyak di Instagram dan kita menganggap hal tersebut adalah kesuksesan. Sehingga, banyak orang yang ingin seperti itu dan ketika mereka dapat menirukan orang tersebut, mereka menganggap akan terlihat sukses, keren, dan pintar.

Hal tersebut jelas berbeda dengan orang lain yang memiliki growth mindset, mereka cenderung memiliki orientasi kepada value atau kualitas serta usaha untuk mencapai sesuatu. Mereka sadar bahwa setiap orang memiliki bakat masing-masing tetapi bakat bukanlah sesuatu yang mutlak serta bukan menjadi pembatas untuk mengembangkan lebih jauh lagi kemampuan kita.

Oleh karena itu, wajar jika orang-orang yang memiliki growth mindset adalah orang-orang yang berkualitas dan menganggap bahwa kesuksesan tidak hanya tentang hasil atau pencapaian, tetapi juga tentang sebuah progres.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan antara growth mindset dan fixed mindset. Beberapa hal yang perlu dipahami bahwa cara pandang atau pemikiran ini adalah pilihan masing-masing dari kita dan bukanlah hal yang terjadi begitu saja, kita dapat mengembangkan growth mindset dan mengurangi fixed mindset atau pun sebaliknya.

*Penulis adalah member Pondok Inspirasi.

  • Bagikan