Percepatan Ekonomi, Pemkab Pasuruan Bangun Rest Area Pusat Informasi Wisata dan UMKM di Pintu Masuk Bromo - Tugujatim.id

Percepatan Ekonomi, Pemkab Pasuruan Bangun Rest Area Pusat Informasi Wisata dan UMKM di Pintu Masuk Bromo

  • Bagikan
Rest area. (Foto: TNBTS/Tugu Jatim)
Ilustrasi wisata Gunung Bromo merupakan pariwisata unggulan di Kabupaten Pasuruan. (Foto: TNBTS)

PASURUAN, Tugujatim.id – Dalam rangka melakukan percepatan ekonomi pasca pandemi, Pemkab Pasuruan akan fokus meningkatkan sektor wisata. Salah satunya adalah melalui penambahan infrastruktur penunjang yakni berupa rest area dan pusat informasi wisata di pintu-pintu masuk wisata Bromo, yakni Kecamatan Tutur dan Pasrepan.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengungkapkan, selain sebagai pusat informasi wisata, rest area juga difungsikan sebagai showroom UMKM.

“Nanti dibangun rest area pusat infomasi kepariwisataan dan showroom UMKM yang pertama di Kecamatan Tutur, yang kedua di jalur Bromo sebagai unggulan pariwisata kami,” ujar Gus Irsyad pada Sabtu (22/01/2022).

Rest area. (Foto: TNBTS/Tugu Jatim)
Ilustrasi Rest Area di Gunung Bromo. (Foto: TNBTS)

Dia mengatakan, rencananya rest area sebagai pusat informasi wisata dan showroom UMKM ini akan mulai tahun ini.

“Insyaa Allah tahun ini sudah dibangun rest area yang di Tutur pakai dana APBD,” imbuhnya.

Selain itu, Gus Irsyad juga berupaya mengembangkan model pariwisata edukasi yang melibatkan potensi masyarakat petani dan peternak di sekitar Gunung Bromo.

“Nanti kami padukan dengan wisata edukasi di situ agar bisa belajar pertanian, peternakan, dan perikanan,” ungkapnya.

Menurut Gus Irsyad, pembangunan infrastruktur pariwisata ini diharapkan punya dampak yang besar bagi pelaku-pelaku usaha lainnya di Kabupaten Pasuruan.

“Karena pariwisata punya multi efek bagi perekonimian masyarakat, UMKM jalan, pekerja moda transportasi jalan, dan travel jalan,” ujarnya.

  • Bagikan