Peringati Hari Anti Narkoba Internasional, BNNK Tuban Gelar Donor Darah

  • Bagikan
Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana ikut donor darah di kantor BNNK Tuban, Selasa (20/6/2021). (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim) narkoba
Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana ikut donor darah di kantor BNNK Tuban, Selasa (20/6/2021). (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Serangkaian peringati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban menggelar donor darah di kantor jalan Ronggolawe, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Selasa (22/6/2021).

Donor darah diikuti seluruh pegawai yang ada di BNNK, Pegiat anti narkoba dan juga duta narkoba.

Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana saat dikonfirmasi mengatakan, donor ini merupakan aksi peduli kemanusiaan. Di mana menurutnya, setetes darah yang diberikan bisa membawa manfaat bagi sesama.

“Sebelumnya kita gelar Pemilihan Duta Narkoba, kemudian donor darah hari ini, puncaknya 26 Juni akan diperingati di Jakarta. Kemungkinan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo,” ujar I Made Arja kepada awak media.

Made menjelaskan, dalam puncak peringatan HANI, rencananya Jokowi juga akan melaunching desa Bersih dari Narkoba (Bersinar) di Istana Negara. BNNK Tuban sendiri telah memilih Desa Socorejo, Kecamatan Jenu sebagai pilot project desa Bersinar Bumi Wali.

“Kita memilih Desa Socorejo. Ke depan desa dan kelurahan akan juga dibentuk yang sama (bersinar,red),” ungkapnya.

I Made menambahkan, hampir enam bulan terakhir, kasus narkoba cukup meningkat. Tercatat, kasus rehabilitas pemakai yang ditangani BNNK selama rentan waktu tersebut, sudah ada 8 hingga 10 orang yang melakukan rehabilitasi.

“Rata-rata umur produktif atau pekerja tidak ada yang pelajar,” ungkap Made.

Kalau pun kasus besar, seperti yang terjadi beberapa minggu terakhir, Tuban sebagai perlintasan saja. Pelaku pun juga dari Surabaya dengan berat BB yang lumayan.

“Yang kemarin yang nangani BNNP Jatim langsung, setelah penyelidikan kemarin tidak sampai 2 kg. Hanya 1,6 sabu-sabu,” pungkasnya.

  • Bagikan