Perkiraan Tanggal Awal Puasa Ramadan Tahun Ini

ramadan tugu jatim
Ilustrasi bulan Ramadan. Foto: Pixabay

Tugujatim.id – Umat Islam saat ini tengah menantikan bulan Ramadan. Namun sampai saat ini, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) maupun organisasi kemasyarakatan (Ormas), baik Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama (NU), belum menentukan kapan 1 Ramadan jatuh pada tahun ini.

Namun, jika berpedoman pada penanggalan dan hari cuti nasional yang telah dikeluarkan oleh pemerintah, diperkirakan awal Syawal 1444 H atau Hari Raya Idul Fitri jatuh antara 22-23 April 2023. Dapat diperkirakan pula, 1 Ramadan akan jatuh pada 22 atau 23 Maret 2023.

Meskipun tanggal pasti puasa Ramadan belum ditentukan, umat muslim di seluruh dunia sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci ini. Persiapan ini dilakukan agar umat muslim dapat memanfaatkan bulan ramadan dengan sebaik-baiknya dan meraih keberkahan yang setinggi-tingginya.

Selain itu, dikutip dari laman NU online, seorang muslim diwajibkan untuk berbahagia dan bergembira menyambut bulan Ramadan. Hal ini mencerminkan wujud keimanan seseorang, sehingga sebelum menyambutnya, pada bulan Rajab hingga menuju Ramadan dianjurkan untuk membaca doa

اللهم بارك لنا فى رجب و شعبان وبلغنا رمضان

“Allaahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana wa ballighna Ramadhana.”
Yang artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan.”