Persahabatan Dua Monster Laut Berpetualang di Dunia Manusia, Sebuah Review film “Luca”

Persahabatan Dua Monster Laut Berpetualang di Dunia Manusia, Sebuah Review film “Luca”

  • Bagikan
Salah satu adegan laut film animasi Luca/tugu jatim
Salah satu adegan laut film animasi Luca. (Foto: IMBD)

Tugujatim.id – Alberto adalah anak yang lebih dulu mengetahui kehidupan manusia. Dia bercerita banyak kepada Luca tentang kehidupan manusia. Melalui cerita-cerita Alberto tersebut, Luca semakin penasaran dengan kehidupan manusia. Keduanya lalu berpetualang setelah bersepakat ingin berkeliling dunia berdua untuk mencoba hal-hal baru. Demikian sekelumit cuplikan film Luca yang rilis pada 18 Juni 2021 lalu di Disney+Hotstar.

Luca merupakan film animasi karya kerja sama antara Pixar dan Disney, serta sekaligus debut Enrico Casarosa dalam pembuatan film animasi yang panjang.

Secara garis besar film ini bercerita tentang persahabatan dua anak. Mereka adalah Luca dan Alberto. Keduanya merupakan monster laut yang ingin mencoba berpetualang di dunia manusia.

Meskipun sebagai monster laut, tetapi tubuhnya dapat menjadi manusia ketika berada di darat atau dalam keadaan kering.  Apabila tubuhnya terkena air atau basah, maka berubah menjadi monster laut kembali.

Petualangan mereka diawali di kota Potorosso, Italia. Di situ Luca dan Alberto menyamar menjadi layaknya manusia biasa. Lalu di musim panas mereka bertemu dengan Giulia yang akhirnya menjadi teman karib keduanya.

Giulia adalah seorang anak yang baik dan ramah. Dia menjadi pemandu Luca dan Alberto dalam menjelajahi kehidupan manusia di kota Potorosso. Selain mengenal kehidupan manusia, Luca dan Alberto juga mengikuti perlombaan bersama Giulia. Banyak hal tentang kehidupan manusia mereka dapatkan dari cerita-cerita Giulia.

Seiring berjalannya waktu, konflik terjadi ketika Giulia mengetahui kalau Luca dan Alberto adalah monster laut. Di waktu yang bersamamaan kedua orang tua Luca juga sedang marah dan mencari keberadaan Luca. Ini terjadi karena orang tua Luca tidak suka dia pergi ke dunia manusia dan meninggalkan kehidupan monster laut.

Ide cerita yang sangat imajinatif dalam film ini cukup menarik perhatian penonton. Kualitas gambar dan pengkarakteran dalam film juga bagus dan tegas. Kemudian pemilihan tone warnanya pas dengan latar belakang film, merupakan nilai tersendiri karya ini

Begitu juga dengan pemilihan framing persahabatan sebagai garis besar cerita menjadikan Luca layak ditonton oleh semua umur. Mulai dari orang tua hingga anak kecil dapat menonton. Film animasi ini kami rekomendasilkan untuk dijadikan tontonan bersama keluarga tercinta di rumah.

  • Bagikan