Petani India Tak Sengaja Tanam Mangga Termahal di Dunia Seharga Rp 52 Juta! - Tugujatim.id

Petani India Tak Sengaja Tanam Mangga Termahal di Dunia Seharga Rp 52 Juta!

  • Bagikan
Petani di India menanam buah mangga termahal di dunia jenis Miyazaki. (Foto: Twitter Hindustan Times/Tugu Jatim)
Petani di India menanam buah mangga termahal di dunia jenis Miyazaki. (Foto: Twitter Hindustan Times)

INDIA, Tugujatim.id – Siapa sih yang nggak tahu soal buah mangga? Barangkali semua orang menyukai buah yang satu ini ya. Tapi, tahukah Anda? Petani di India tak sengaja menanam buah mangga yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan, buah ini dinobatkan sebagai mangga termahal di dunia. Wow, bagaimana ceritanya?

Dilansir dari World Of Buzz, seorang petani India secara tidak sengaja menanam buah mangga ini bermula dari empat tahun lalu. Saat itu petani bernama Sankalp Singh Parihar pergi ke Chennai, India, untuk membeli beberapa benih kelapa ibrid. Tapi, dia bertemu dengan seseorang yang menawarkan untuk membeli sampling mangga berharga 2.500 Rs (atau setara Rp 488.709) di kereta api.

Beberapa bulan kemudian setelah menanamnya, dia melihat bahwa mangga-mangga itu sangat berbeda dari jenis mangga pada umumnya. Mangga ini menghasilkan kulit luar yang cukup indah, yaitu berwarna merah. Ternyata, mangga ini adalah mangga Miyazaki yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Buah ini dianggap sebagai salah satu mangga yang paling mahal di dunia. Dan mangga ini juga dikenal sebagai “Egg of the Sun”. Mangga Miyazaki jarang tumbuh di India, tapi dianggap hadiah mewah di Jepang. Sebab, sering ditemukan di lelang khusus.

Berita tentang mangga Miyazaki menyebar ke seluruh kota sehingga para pengusaha di India tertarik untuk membelinya. Petani Sankalp Singh Parihar mengatakan, tahun lalu, pencuri masuk ke kebunnya dan mencuri 14 mangga. Setelah insiden itu, mereka memutuskan untuk menyewa tiga penjaga keamanan dan sembilan anjing untuk melindungi pohon langka itu.

Menurut India Today, harga jual buah mangga Miyazaki sekitar 270.000 rupee (atau setara Rp 52.717.387) per kilogram. Saat ini Sankalp Singh Parihar sendiri telah memiliki sekitar 52 mangga sejauh ini, tapi belum menjual satu pun.

“Fokus kami sekarang terus memelihara pohon mangga dan menggunakan benihnya untuk ditanam lagi,” ujar Parihar. Menurut Times of India, dia telah menanam 150 pohon mangga Miyazaki di kebunnya, tapi hanya empat yang sekarang menghasilkan buah.

Ke depannya, Parihar ingin membuat mangga paling mahal di dunia ini lebih mudah diakses untuk petani India.

“Menurut saya, setiap keluarga di India harus mampu membeli mangga ini,” kata Parihar.

“Di Jepang itu harganya mahal karena tumbuh di lingkungan yang mahal. Di India, semua tanaman bisa tumbuh secara alami dan mengurangi biaya,” ujarnya.

Hingga saat ini, buah ini masih menjadi incaran para pengusaha di India. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membeli buah mangga ini?

  • Bagikan