Plt Wali Kota Surabaya: Hari Ini 24.000 Orang dari 31.000 Nakes Selesai Vaksinasi

  • Bagikan
Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menjelaskan Pemerintah Kota Surabaya yang menggelar vaksinasi sinovac tahap kedua dari kalangan forkopimda dan masyarakat di Balai Kota Surabaya. (Foto: Rangga Aji/Tugu Jatim)
Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menjelaskan Pemerintah Kota Surabaya yang menggelar vaksinasi sinovac tahap kedua dari kalangan forkopimda dan masyarakat di Balai Kota Surabaya. (Foto: Rangga Aji/Tugu Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Pemerintah Kota Surabaya melaksanakan vaksinasi sinovac tahap kedua hari ini, Jumat (29/01/2021), di Balai Kota Surabaya, Jalan Wali Kota Mustajab No 59. Ada 16 penerima vaksin yang mengikuti. Mereka dari kalangan forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat.

Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menerangkan jika jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang selesai divaksin per Jumat ini sebanyak 24.000 orang dari total keseluruhan 31.000 nakes.

“Vaksinasi tahap kedua dalam keadaan sehat. Vaksinasi di Kota Surabaya selama dua minggu yang lalu (14/01/2021), semua berjalan lancar. Targetnya 31.000 nakes dan penunjang nakes. Sampai hari ini sudah ada 24.000 nakes lebih yang sudah selesai vaksinasi,” ujar Whisnu kepada pewarta Tugu Jatim.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa untuk vaksinasi tahap pertama di Surabaya berjalan dengan lancar dan selesai sekitar 80 persen. Sedangkan sekitar 0,1 persen dari keseluruhan penerima vaksinasi mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Artinya, vaksinasi sinovac itu aman dan minim risiko.

“Tahap pertama sudah 80 persen. Yang merasakan KIPI hanya sekitar 0,1 persen penerima. Hanya 30 persen, KIPI ringan. Ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk vaksinasi nanti. Vaksinasi adalah ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” terang alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut pada Tugu Jatim.

Sejauh ini, short message service (SMS) blast yang dipakai untuk menentukan informasi mengenai penerima vaksinasi sinovac, yang tadinya dimanajemen oleh pusat, kini ditangani secara langsung oleh daerah. Jadi, kecepatan vaksinasi makin tinggi, apalagi di Surabaya sudah ada 110 fasilitas dan pelayanan kesehatan (fasyankes).

“Alhamdulillah berjalan baik. SMS blast akhirnya diserahkan ke daerah. Kecepatan vaksinasi Surabaya dapat jatah lebih banyak. Ini ada 110 fasyankes yang bekerja masif bersama dan kami harapkan di gelombang kedua juga berjalan dengan lancar,” ujar Whisnu pada pewarta di Surabaya saat menghadiri vaksinasi tahap kedua di Balai Kota Surabaya.

Sebagai informasi, penerima vaksinasi sinovac yang hadir di Balai Kota Surabaya pada Jumat (29/01) berjumlah 16 orang. Adapun 16 orang tersebut yaitu Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, istri Plt Wali Kota Surabaya Dini Syafariah Endah, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, kapolrestabes Surabaya, kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, danrem 084/Bhaskara Jaya, kajari Tanjung Perak, kajari Surabaya, dan ketua Pengadilan Negeri Surabaya.

Kemudian ada ketua IDI Surabaya, kepala Kemenag Kota Surabaya, kepala Bidang Keperawatan RSUd dr Soewandhie, tim penggerak PKK Tegalsari, kepala Cabang Surabaya BPJS Kesehatan, wakil ketua Fraksi PKB DPRD Surabaya, dan ketua PPNI Surabaya. (Rangga Aji/ln)

 

 

  • Bagikan