Polisi Selidiki Siapakah Ibu dari Bayi yang Ditemukan di Pakis Malang - Tugujatim.id

Polisi Selidiki Siapakah Ibu dari Bayi yang Ditemukan di Pakis Malang

  • Bagikan
Kapolsek Pakis AKP M. Lutfi saat memberikan keterangan terkait penemuan bayi di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, pada Sabtu (30/10/2021). (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Kapolsek Pakis AKP M. Lutfi saat memberikan keterangan terkait penemuan bayi di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, pada Sabtu (30/10/2021). (Foto: Istimewa)

MALANG, Tugujatim.id – Polsek Pakis masih menyelidiki terkait penemuan bayi berjenis perempuan yang kondisi tali pusarnya masih menempel dan tergeletak di jalan setapak Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, pada Sabtu (30/10/2021). Kini mereka masih mencari siapa ibu dari bayi malang tersebut.

Kapolsek Pakis AKP M. Lutfi menjelaskan, kini pihaknya terus melakukan pengumpulan bukti terhadap penemuan bayi itu. Kemudian dilanjutkan pendalaman untuk menelusuri identitas ibu bayi tersebut.

“Kami akan lakukan pendalaman dan berkoordinasi dengan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Malang dan Dinas Sosial Malang. Setidaknya sampai ada titik terang, siapa ibu kandung yang membuang bayi ini,” paparnya Sabtu (30/10/2021).

Atas penemuan bayi itu, Lutfi mengatakan, sudah ada sejumlah orang yang menawarkan diri untuk mengadopsi bayi tersebut. Namun, terkait hal itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Malang.

“Jangan sampai bayi tersebut jatuh ke tangan yang membahayakan jiwanya. Atau paling tidak, dinas sosial punya kriteria bagaimana orang tua asuh yang pantas merawatnya,” ucapnya.

Lutfi menambahkan, dalam sepekan ini di Kecamatan Pakis sudah ada dua penemuan bayi. Namun, bayi sebelumnya ditemukan dalam keadaan meninggal.

“Dua hari yang lalu itu di daerah Sumbergentong, Desa Tirtomoyo, juga ditemukan bayi di sungai dalam keadaan mengambang dan meninggal dunia. Ini menjadi fokus kami dalam penyelidikan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa menghebohkan kembali terjadi di Kabupaten Malang. Sebab, warga Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, menemukan bayi di jalan setapak dengan tali pusar yang masih menempel dan tanpa sehelai kain di tubuhnya pada Sabtu (30/10/2021).

Bidan Desa Tirtomoyo N. Malicha menjelaskan, bayi malang tersebut kali pertama ditemukan seorang sopir pikap yang sedang berjalan di sekitar lokasi.

Menurut dia, bayi berjenis kelamin perempuan itu ditemukan tergeletak tanpa alas. Dia memperkirakan bayi tersebut baru lahir satu jam sebelum ditemukan.

“Tadi bayi itu ya kotor semua, karena tanpa alas. Ada kerikil-kerikilnya di sekitar badannya. Kayaknya ditaruh, bukan dibuang,” ucapnya.

 

  • Bagikan