Pemkot Kediri Gencarkan Penggunaan QR Code PeduliLindungi di Ruang Publik - Tugujatim.id

Pemkot Kediri Gencarkan Penggunaan QR Code PeduliLindungi di Ruang Publik

  • Bagikan
Pemkot Kediri gencarkan memakai aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan berbagai aktivitas. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pemkot Kediri gencarkan memakai aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan berbagai aktivitas. (Foto: Dokumen)

KEDIRI, Tugujatim.id – Pemkot Kediri mengimbau pemasangan QR Code aplikasi PeduliLindungi di sejumlah lokasi untuk melakukan perlindungan kesehatan terhadap pekerja dan pengunjung serta mencegah penyebaran Covid-19. QR Code tersebut dipasang di berbagai tempat publik, mulai dari hotel, pusat perbelanjaan, tempat wisata, hingga kantor instansi pemerintah, dan sekolah.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan, Pemkot Kediri telah memasifkan penggunaan QR Code ini sebagai pengamanan giat pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) dan pemulihan ekonomi di Kota Kediri.

“Kegiatan PTMT dan pemulihan ekonomi di Kota Kediri ini memang sedang berjalan, tapi Pemkot Kediri tetap melakukan tindakan preventif dengan memasang QR Code PeduliLindungi. Saya harap masyarakat Kota Kediri juga patuh dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ujar Mas Abu, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kediri Herwin Zakiyah menambahkan, beberapa kegiatan di Kota Kediri pun mulai dilengkapi dengan QR Code PeduliLindungi.

“Saat ini beberapa kegiatan di Kota Kediri sudah dilengkapi dengan QR Code PeduliLindungi. Seperti contoh kegiatan yang diselenggarakan Pemkot Kediri maupun komunitas kesenian, salah satunya pentas pecut beberapa waktu lalu,” ujar Herwin pada Sabtu (30/10/2021).

Pengaplikasian PeduliLindungi di Kota Kediri. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pengaplikasian PeduliLindungi di Kota Kediri. (Foto: Dokumen)

Herwin mengatakan, Pemkot Kediri melakukan koordinasi terkait pendaftaran penerbitan QR Code PeduliLindungi ke Pusat Data dan Teknologi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan.

Para pelaku usaha Kota Kediri yang kesulitan mendaftarkan QR Code PeduliLindungi, Pemkot Kediri juga memfasilitasi untuk membantu pengurusannya. Sehingga semakin banyak tempat strategis yang dilengkapi QR Code PeduliLindungi.

Selain itu, beberapa sekolah di Kota Kediri juga telah menggunakan QR Code PeduliLindungi. Jadi, seluruh warga sekolah dan tamu wajib scan QR Code sebelum memasuki kawasan sekolah.

Sementara itu, Satpol PP Kota Kediri juga telah melakukan sosialisasi dan penegakan peraturan secara humanis pada pusat perbelanjaan untuk memasang QR Code PeduliLindungi. Harapannya, seluruh tempat yang berpotensi adanya kerumunan tertib memasang QR Code aplikasi PeduliLindungi. (*)

  • Bagikan