Pondok Inspirasi Ajak Pemuda Bangun Networking

Pondok Inspirasi Ajak Pemuda Bangun Networking

  • Bagikan
Suasana bincang-bincang malam inspirasi antara para peserta dari Pondok Inspirasi dengan Winda Ayu Febriyanti, selaku Human Resource Business Partner PT Paragon Technology and Innovation/tugu jatim
Suasana bincang-bincang malam inspirasi antara para peserta dari Pondok Inspirasi dengan Winda Ayu Febriyanti, selaku Human Resource Business Partner PT Paragon Technology and Innovation. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Pondok Inspirasi (Pondasi), yayasan pengembangan keterampilan dan persiapan karir pemuda mengadakan bincang malam inspirasi (Bimais) pada Sabtu (21/8/2021). Dalam bincang santai ini hadir Winda Ayu Febriyanti, selaku Human Resource Business Partner PT Paragon Technology and Innovation.

Bimais kali ini mengambil tema Build Your Network to Build Your Future. Sebagaimana diketahui, networking (jaringan) sangat penting di era sekarang ini. Poin yang disampaikan pada materi ini yaitu cara mengidentifikasi relasi kita.

Winda menjelaskan bahwa relasi seseorang pasti sangat banyak, mulai dari teman SD, SMP, SMA, hingga teman kampus. Maka dari itu, perlu mengelompokkan relasi tersebut agar tahu seberapa mereka berpengaruh di masa depan.

Terdapat 4 kelompok relasi, yaitu keep into contact, keep informed, meet their needs, dan manage closely. Kelompok pertama memiliki intensitas komunikasi yang rendah, karena hanya saling menyimpan kontak.

Kelompok yang paling berpengaruh yaitu manage closely. Hal ini karena orang tersebut memiliki ketertarikan berinteraksi dengan kita serta memberikan pengaruh. Beberapa manfaat yang kita dapat dengan memiliki relasi, yaitu mereka bisa menjadi investor, mentor, dan coach, membuka kesempatan, serta menjadi lebih kuat saat terkoneksi dan berkolaborasi.

“Dari kelompok-kelompok itu, kita bisa tau ya teman-teman bahwasanya setiap orang itu punya tempat, khususnya di hidup kita ini. Keempat kelompok itu sama pentingnya dan harus kita jaga. Komunikasi yang baik ini menjadi kunci untuk menjaga relasi kita,” tutur Winda.

Selain itu, Winda menambahkan ada beberapa hal yang harus dilakukan dan jangan dilakukan dalam membangun networking. Saat akan membangun networking, kita harus mempelajari etika dalam berkomunikasi dan berjejaring, fokus memberikan kebaikan, serta mempelajari informasi dengan baik.

Di sisi lain, hal yang jangan kita lakukan saat membangun networking yaitu grogi secara berlebihan saat berinteraksi, antusias tanpa persiapan, serta menghancurkan kepercayaan seseorang.

*Penulis member Pondok Inspirasi

  • Bagikan