News  

Pondok Inspirasi Kunjungi Sanggar Senja Tempat Belajar Anak Jalanan

Pondok Inspirasi belajar dari Sanggar Senja, Jumat (31/12/2021)
Pondok Inspirasi belajar dari Sanggar Senja, Jumat (31/12/2021). (Foto: Dokumen/Eva Lihotma)

Tugujatim.id – Menyambut akhir tahun biasanya diiringi dengan rencana baru. Hal itulah yang dipersiapkan Yayasan Pondok Inspirasi dalam gerakan #wardahinspiringmovement bersama Paragon Corp dengan mengunjungi komunitas pendidikan anak jalanan di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/21/2021).

Sebagai yayasan yang berfokus pada bidang pendidikan, Pondok Inspirasi bersama Paragon Corp selalu berinisiasi untuk terus mengedepankan kemajuan pendidikan Indonesia. Salah satunya dengan memberikan bantuan dan dukungan penuh bagi lembaga-lembaga yang bergerak atas dasar naluri kemanusiaan.

Sanggar Senja merupakan wadah bagi anak-anak jalanan untuk memperoleh pendidikan dan tempat tinggal secara gratis. Anak-anak yang berada di bawah naungan Sanggar Senja juga berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda-beda.

“Beberapa anak-anak di sini ada yang hidup sendirian di jalanan karena broken home, beberapa karena ditangkap oleh TNI karena ditemukan mengamen di jalan, dan sebagainya,” ungkap Dewi selaku salah satu pengurus komunitas Sanggar Senja tersebut.

Selain merupakan tempat belajar bagi anak jalanan, tempat yang banyak memberikan sejuta kejutan ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengukir mimpi-mimpi besar bagi mereka yang kehilangan tempat untuk bersandar.

Evelin, salah satu anak jalanan yang tinggal di Sanggar Senja, mempunyai mimpi menjadi seorang presiden Republik Indonesia. Kehebatannya dalam bidang akademik dan juga kemampuan bernyanyinya yang luar biasa siapa sangka kelak mungkin akan membawanya menuju mimpinya tersebut.

Melihat mimpi-mimpi besar tersebut pulalah, tim rombongan Pondok Inspirasi yang mengunjungi tempat tersebut berencana dalam waktu dekat akan mengadakan kerjasama yang lebih luas dalam pengembangan skill maupun akademik anak-anak Sanggar Senja.

“Kami berencana akan mengadakan kerja sama tentunya, melihat potensi anak-anak Sanggar Senja yang luar biasa dan juga semangat yang tiada putus, kami optimis bahwa Pondok Inspirasi bisa memberikan kesempatan bagi mereka untuk lebih berkembang menjadi generasi hebat,” kata Agus selaku ketua yayasan Pondok Inspirasi.

Pondok Inspirasi adalah organisasi sosial pendidikan dan kepemudaan yang berdomisili di Bogor. Selain menjadi organisasi yang aktif di dunia kepenulisan ilmiah, organisasi ini juga menjadi salah satu komunitas terpilih dalam Community Challenge Kahf. Terpilih untuk mengikuti Girl Leadership Program bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia. Kemudian, Young Business Hub di Turki, serta mengikuti YSEALI YOUnified 2020.

Pondok Inspirasi juga mendapatkan tiga medali emas di ajang internasional Malaysia Technology Expo 2021 dan MISIIT Archimedes Russian 2021.